๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐€๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ๐ข๐š๐ฌ๐ข ๐Š๐จ๐ฅ๐š๐›๐จ๐ซ๐š๐ฌ๐ข ๐๐„๐ˆ ๐Š๐ž๐ฉ๐ฎ๐ฅ๐š๐ฎ๐š๐ง ๐‘๐ข๐š๐ฎ, ๐†๐ž๐ฅ๐š๐ซ ๐’๐ž๐ค๐จ๐ฅ๐š๐ก ๐๐š๐ฌ๐š๐ซ ๐Œ๐จ๐๐š๐ฅ ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐”๐Œ๐Š๐Œ ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuka Sekolah Pasar Modal untuk mengedukasi dan meliterasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batam, di Kantor Walikota Batam, Jumat (1/12/2023).

Sekolah Pasar Modal disejalankan dengan Corporate Social Responsibility (CSR), penyerahan bantuan pendanaan sebagai tambahan modal usaha sebesar Rp 1 Juta untuk pemberdayaan bagi 10 UMKM yang hadir. Bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Kepulauan Riau.

โ€œSaya atas nama Pemerintah Kota Batam dan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan apresiasi kepada Ibu Indra Novita selaku Kepala BEI Perwakilan Kepulauan Riau atas kolaborasinya bersama pemerintah,โ€ kata Jefridin.

Jefridin juga turut menghaturkan terima kasih atas kesediaan BEI mengedukasi para pelaku usaha kecil, sekaligus memberikan bantuan berupa modal. Ia menegaskan, tidak hanya dengan BEI Provinsi Kepri, kolaborasi pemerintahan lainnya juga telah dijalankan untuk dunia usaha.

โ€œKolaborasi pemerintah untuk dunia usaha telah kita lakukan dengan berbagai stakeholder. Diantaranya pemerintah daerah, telah bekerjasama dengan Kementerian Agama untuk membagikan ribuan sertifikat halal bagi pelaku UMKM di Kota Batam,โ€ katanya.

Tambahnya, Pemerintah Kota Batam juga telah menggelar berbagai pelatihan untuk memaksimalkan potensi dan kreatifitas UMKM agar dapat bersaing di dunia usaha.

โ€œKemarin Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Batam juga menggelar pelatihan packaging, membagikan ilmu agar UMKM kuliner dapat mengemas produknya dengan baik. Dan ini merupakan salah satu program dari Ketua TP PKK Kota Batam, Bu Marlin Agustina,โ€ jelasnya.

Selain itu, agar UMKM dapat bersaing di era percepatan transformasi digital, Pemerintah Kota Batam juga melakukan upaya dengan menggelar pelatihan digital. Agar para pengusaha rumahan dapat bersaing dan memasarkan produknya melalui media sosial dan e-commerce.

โ€œKita adakan juga edukasi digitalisasi supaya UKM bisa memasarkan produk melalui digital,โ€ ujarnya.

Jefridin berharap melalui Sekolah Pasar Modal ini, para peserta dapat memperoleh ilmu yang kemudian dapat diimplementasikan dalam usahanya masing-masing.

โ€œSemoga memperoleh ilmunya, ikuti ini dengan baik agar dapat bermanfaat untuk usaha ibu-ibu sekalian. Dan allhamdulilah dapat modal usaha dari BEI Kepri,โ€ ujar Jefridin.

Mungkin Anda juga menyukai