𝐁𝐮𝐤𝐚 𝐒𝐞𝐦𝐢𝐧𝐚𝐫 𝐒𝐩𝐨𝐧𝐭𝐚𝐧 𝐕𝐨𝐥𝐮𝐦𝐞 𝟐, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐀𝐣𝐚𝐤 𝐌𝐚𝐡𝐚𝐬𝐢𝐬𝐰𝐚 𝐓𝐮𝐫𝐮𝐭 𝐆𝐚𝐥𝐚𝐤𝐤𝐚𝐧 𝐆𝐞𝐫𝐦𝐚𝐬 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐫𝐨𝐠𝐫𝐚𝐦 𝐊𝐚𝐦𝐩𝐮𝐧𝐠 𝐈𝐤𝐥𝐢𝐦

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi kegiatan Seminar Spontan Volume 2 Tahun 2023 di Aula Gedung B Lantai 1 Universitas Internasional Batam (UIB), Sabtu (2/12/2023). Seminar yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Kecamatan Sekupang ini diisi dengan sosialisasi hukum bertemakan “Optimalisasi Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Program Kampung Iklim (Proklim) demi Mewujudkan Batam Kota Baru”.

Harapannya setelah mengikuti Seminar ini peserta dapat mendukung pemerintah untuk menggalakkan Germas dan Proklim di Kota Batam. Adapun narasumber pada kegiatan ini, drg. P. Agustine S, M. Kes dari Dinas Kesehatan Kota Batam dan IP. ST, MT selaku Kabid Perlindungan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup. Seminar ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Tri Wahyu Rubiyanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Batam, Hariyanti Jefridin, Ketua Karang Taruna Kota Batam, Zularif dan perwakilan rektorat UIB, Winda Fitri.

“Saya atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengapresiasi atas diselenggarakannya seminar hari ini. Atas nama Pemerintah Daerah, Saya menyampaikan terimakasih kepada UIB yang telah membina mahasiswa yang memiliki kreatifitas,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi tema yang dibahas melalui kegiatan sosialisasi hukum ini. Dijelaskannya bahwa Kota Batam belum lama ini meraih penghargaan sebagai Kota Sehat. Ini merupakan keberhasilan Pemko Batam dalam menerapkan Perwako Batam No. 52 Tahun 2022 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kota Batam.

“Pemerintah Kota Batam saat ini sedang menggalakkan Perwako Nomor 52 Tahun 2022 ini. Dengan tujuan agar masyarakat Kota Batam menjadi masyarakat yang sehat. Di Batam dari 64 kelurahan terdapat 37 Kampung Germas. Insyaallah Kita akan canangkan Kampung Germas ini di 64 Kelurahan,” jelasnya.

Kepada narasumber Jefridin berharap agar dapat memaparkan tentang 9 tatanan yang menjadi penilaian Kota Sehat. Serta 7 pilar budaya hidup sehat sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Begitu juga terkait produk kampung iklim.

“Dua narasumber ini adalah orang-orang yang sangat luar biasa. Mereka adalah pakar dibidang Germas dan Proklim ini. Untuk itu sampaikan seluruh informasi sehingga seluruh peserta paham akan Germas dan Proklim itu,” pintanya.

Selaku Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Ia mengajak agar mahasiswa untuk terus aktif baik untuk membangun diri sendiri, masyarakat maupun Pemerintah. Pesannya, mahasiswa harus berperan dalam mendukung pembangunan di Kota Batam.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Sekupang, Muhammad Wildan Riansyah menuturkan seminar ini merupakan seminar lanjutan, pada tahun 2022 lalu pernah dilakukan seminar volume 1. Suksesnya pelaksanaan seminar volume 1 ini lah yang menjadi alasan sehingga Karang Taruna Kecamatan Sekupang kembali menggelar seminar volume 2 di tahun 2023.

Tahun ini Karang Taruna menggandeng UIB untuk menyelenggarakan seminar volume 2. Dengan target peserta 150 orang dan jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan debut seminar pertama di tahun 2022.

“Pada seminar volume pertama dua tema yang diangkat salah satunya terkait tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Karena sukses pada pelaksanaan seminar volume 1, maka Kami menjadikan seminar ini sebagai program berkelanjutan,” jelasnya.

Sesuai dengan tema”Optimalisasi Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Program Germas dan Proklim demi mewujudkan Batam Kota Baru”, narasumber akan memaparkan tentang Perwako Batam No. 52 Tahun 2022 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kota Batam. Selanjutnya narasumber akan memaparkan Peraturan Wali Kota Batam Nomor 62 Tahun 2023 tentang Program Kampung Iklim Kota Batam.

“Melalui tema ini Kami berharap dapat menambah ilmu pengetahuan dan menambah wawasan para peserta terkait Germas dan Proklim di Kota Batam,” pungkasnya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai