Pastikan Harga dan Persediaan Bahan Pokok Aman, Jefridin Sidak Ke Toss 3000 dan Gudang Bulog

MC Pemko Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengimbau agar masyarakat tidak khawatir dengan persediaan bahan pokok di pasaran. Untuk mengetahui pasti harga dan persediaan bahan pokok di Kota Batam, Rabu (11/10/2023) Jefridin didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Toss 3000 dan Gudang Bulog.

Diketahui untuk cabe merah dijual Rp45 ribu per Kg. Cabe rawit hijau Rp35 ribu per Kg, cabe hijau Rp30 ribu per Kg, bawang merah Jawa Rp30 ribu per Kg sedangkan bawang merah birma Rp8 ribu per Kg. Begitu juga dengan harga sayur mayur seperti kangkung Rp8 ribu per Kg, sawi hijau Rp8 ribu per Kg dan timun Rp10 ribu per Kg.

“Alhamdulillah untuk harga bahan pokok sayur mayur, cabe dan bawang masih stabil dan menurut pedagang harganya sudah turun. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, karena harga di pasaran stabil dan persediaan aman,” ujar Jefridin.

Sementara untuk harga beras premium kisaran harga Rp13.500 sampai Rp14 ribu. Harga telur per papan dijual Rp48 ribu, minyak goreng curah Rp14 ribu per kilo. Untuk harga gula per kilo dijual Rp15 ribu, sebelumnya Rp14 ribu.

Sementara itu di gudang Bulog persediaan beras 3.119.590 Kg. Untuk harga beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di Bulog dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp11. 500 per Kg. Sedangkan harga dari gudang Rp10. 250 per Kg.

Daging beku persediaan di gudang Bulog 2.304 Kg dengan harga Rp78 ribu per Kg. Untuk persediaan minyak goreng Minyak Kita di gudang Bulog 28.272 Kg sementara dengan merk Minyak Nusa persediaan sebanyak 15.084 Kg. Di gudang Bulog per liter harga minyak goreng tersebut Rp11.500,-. Sementara persediaan gula pasir di gudang Bulog 13.800 Kg dengan harga Rp13. 500 per Kg.

“Alhamdulillah Batam walau bukan daerah penghasil, dari sisi ketersediaan cukup tersedia. Untuk harga jika dibanding dengan di Jawa masih di bawah. Mudah-mudahan ini terus dapat bertahan smpai akhir tahun,” katanya.

Jika pada akhir tahun terjadi lonjakan harga, Pemko Batam akan  mengintervensi dengan melakukan operasi pasar dan bazar sembako murah. Direncanakan pada Desember bazar Sembako Murah akan dimulai di seluruh kecamatan. Sementara untuk Operasi Pasar akan digelar menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Sudah menjadi komitmen dari Pemko Batam Batam sebagaimana harapan dan himbauan dari Menteri Dalam Negeri jadi Pemko Batam komitmen untuk menekan inflasi di Kota Batam. Sehingga pada hari ini Kita melakukan Sidak untuk mengetahui harga bahan pokok di pasaran,” ujar Ketua TPID Kota Batam ini.

Berikutnya Jefridin melakukan Sidak ke Gudang PT Niaga Utama Sarana Pangan komplek Bintang Industri Park 1 no 15 Batuampar dan PT Sinergy Oil Nusantara, Kabil.(*)

Mungkin Anda juga menyukai