Jefridin Sampaikan Komitmen Pemko Batam dalam Penguatan Program Kesehatan Keluarga dan Gizi di Posyandu

MC Pemko Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuka Pertemuan Kader Posyandu Tingkat Kota Batam tahun 2023, terkait Penguatan Program Kesehatan Keluarga dan Gizi di Posyandu. Kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kota Batam, dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan masyarakat dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh kesehatan dasar.

“Ini merupakan komitmen kebijakan Pemerintah Kota Batam di bawah kepemimpinan Wali Kota Batam HMR untuk melahirkan balita dan menyiapkan anak-anak kita pada Bonus Demografi, Indonesia generasi emas di 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 mendatang,” di Planet Holiday Hotel, Selasa (10/10/2023).

Paparnya, Pemerintah Kota Batam juga terus melakukan berbagai upaya guna mempercepat penurunan kasus stunting di Kota Batam. Salah satunya dengan menetapkan dan memperkuat regulasi, terkait percepatan penurunan stunting.

“Allhamdulilah kemarin saya mewakili Bapak Wali Kota Batam menerima Penghargaan Dana Insentif Fiskal Kategori Penurunan angka Stunting dari Pemerintah Pusat sebesar Rp6.263.947.000, atas kontribusi dalam percepatan penurunan stunting di Kota Batam,” jelas Jefridin.

Diketahui berdasarkan data E-PPGBM (Elektronik-Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) Prevalensi balita stunting di Kota Batam terus mengalami penurunan. Dari 2,42% atau 1.441 balita pada tahun 2022, turun menjadi 1.205 balita atau 1,9% pada tahun 2023.

“Maka dari itu mari untuk keberhasilan menurunkan angka kematian ibu dan bayi, perlu langkah edukasi peningkatan kapasitas kader posyandu, yang diharapkan dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Juga dapat terpantau pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mencari penyebab stunting dan masalah gizi lainnya,” kata Jefridin.

Pada kesempatan itu Jefridin mengajak Kader Posyandu untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang bersih dan sehat, menuju Batam kota baru dan modern.

“Terus bergandeng tangan berkolaborasi ciptakan Batam kota sehat, damai nyaman dan kondusif. Dan terima kasih kepada Dinas Kesehatan dan seluruh pihak yang telah berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan ini,” tutupnya.

Kepala Bidang Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Batam, Ana menyampaikan target dari kegiatan ini sendiri ialah guna meningkatkan SDM Posyandu yang berkualitas dan berdaya saing, dengan meningkatkan strategi peningkatan ibu, anak, KB, Peningkatan gizi, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Pengawasan Obat dan Makanan, dan sebagainya.

“Dengan fokus pada penurunan angka kematian ibu dan bayi, stunting pada balita dan posyandu dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan dasar,” jelasnya.

Mungkin Anda juga menyukai