Jefridin Apresiasi Kegiatan Kursus Mahir Dasar Mandiri Gerakan Pramuka Tahun 2023 Kwarran Sagulung

MC Pemko Batam – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam sekaligus Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi Kegiatan Kursus Mahir Dasar Mandiri Gerakan Pramuka Tahun 2023, yang diikuti sebanyak 51 peserta terdiri dari 19 peserta laki-laki dan 32 peserta perempuan, di Aula Kecamatan Sagulung, pada Sabtu (7/10/2023).

“Selaku Ketua Kwarcab Batam dan atas nama Majelis Pembimbing Cabang Batam, Bapak Wali Kota Haji Muhammad Rudi mengucapkan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya kursus ini dengan mandiri,” kata Jefridin didampingi Ketua DWP Kota Batam, Hariyanti.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 6 hari ini, ikut serta sebanyak 27 pangkalan  atau gugus depan se-Kwartir Ranting Sagulung. Turut hadir anggota Majelis Pembimbing Ranting se-Sagulung, dan Andalan Kwartir Ranting Sagulung.

“Semoga melalui kursus ini menjadi ladang ibadah dan pengabdian bagi kita semua. Dan apa yang dilakukan menjadi barokah, serta ilmunya dapat bermanfaat bagi gerakan pramuka dan peserta didik,” ujar Jefridin.

Jefridin berharap, dengan kegiatan ini Gerakan Pramuka Kota Batam dapat semakin maju dan tumbuh, sesuai makna dan kiasan yang ada. Dimana tunas kelapa dalam lambang Pramuka Indonesia memiliki banyak makna. Diantaranya, tunas kelapa yang dapat tumbuh dimana saja, membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya.

“Tunas kelapa juga serba guna dari ujung atas hingga akarnya,” katanya.

Tambahnya, melalui Kegiatan Kursus Mahir Dasar Mandiri Gerakan Pramuka ini diharapkan menjadi wadah untuk membentuk karakter, serta menjaga hablumilnallah dan habluminannas.

“Tugas kita sebagai orang dewasa di Gerakan Pramuka dan sebagai  hamba Allah SWT adalah menjaga hablumniallah dan hablumbinanas, agar selamat dunia akhirat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Jefridin meminta agar kedepannya masing- masing gugus depan dapat mengerahkan 2 orang pembina mahir putra dan putri. Dan kepada pemateri, ia berharap dapat menyampaikan materi secara humanis sehingga peseta dapat menerima ilmu dengan baik dan menciptakan insan Pramuka yang mahir.

Mungkin Anda juga menyukai