Pemko Batam Dukung Latihan Bersama ASEX-01 N Tahun 2023

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakilkan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menghadiri Upacara Pembukaan Latihan Bersama (Latma) Asean Solidarity Exercise (ASEX-01 N) Tahun 2023, di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (19/9/2023).

ASEX-01 Natuna Tahun 2023 ini sendiri merupakan latihan gabungan dari beberapa negara di Asean. Dengan melibatkan elemen militer dan sipil dari negara-negara Asean, yang pertama kali diadakan dengan TNI sebagai koordinator. Kegiatan latihan gabungan direncanakan akan dilakukan di Natuna.

โ€œPemerintah Kota Batam sangat mendukung penuh kegiatan ini. Ini merupakan langkah luar biasa, bahwa negara Asean sentral sudah kompak dalam menghadapi situasi ke depan,โ€ ucap Jefridin saat mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Sedangkan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyampaikan bahwa selama ini negara-negara Asean selalu melaksanakan latihan dengan negara seperti China, Rusia, Amerika. Tetapi dengan sentral asean sendiri belum pernah dilaksanakan.

โ€œPada latihan ini kita laksanakan latihan yang ringan-ringan saja, seperti manuver laut dan udara, juga nanti kita melaksanakan di Ranai,โ€ kata Laksamana TNI Yudo.

Mungkin Anda juga menyukai