Lantik Kwarran Kecamatan Batu Ampar, Jefridin Disambut Lagu “Selamat Datang Kakak”

MC Pemko Batam – Barisan peserta didik Pramuka menyambut kedatangan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. di halaman Kantor Lurah Tanjung Sengkuang, Sabtu (02/09/2023). Mereka menyanyikan lagu berjudul “Selamat Datang Kakak” dengan penuh semangat.

Kedatangan Jefridin adalah untuk melantik Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Pergantian Antar Waktu Batu Ampar Masa Bakti 2022-2025. Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK), Tri Satya dan Ikrar Majelis Pembimbing Ranting, Ikrar Pengurus Kwartir Ranting dan kata-kata pelantikan.

Dilanjutkan dengan penandatangan Naskah Pelantikan, dan Penyematan Tanda Jabatan. Secara simbolis penyematan tanda jabatan disematkan kepada Ketua Mabiran Kecamatan Batu Ampar, Ridwan Nur Salatsa.

Ditegaskannya bahwa Pramuka adalah tempat orang-orang yang selalu berpikir positif pada siapapun. Dan Pramuka adalah wadah tempat menempah diri agar dapat  menjadi  manusia yang lebih bermanfaat. Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga.

โ€œSelamat kepada Kakak-kakak yang baru saja dilantik. Semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas. Jadikan ini sebagai ladang pengabdian dan sebagai ibadah, untuk mendekatkan diri kita kepada Tuhan yang Maha Esa,โ€ ujar Jefridin.

Ia menjelaskan bahwa sebagai Mabiran sudah melekat kepada seorang camat. Tugas dari Mabi adalah memfasilitasi kegiatan yang ada di Kwarran Kecamatan Batu Ampar. Secara operasional kegiatan dilaksanakan oleh Kwarran, yang bertugas mewadahi organisasi Kepramukaan yang ada di gugus depan.

Buatlah pendidikan kepramukaan dengan berbagai kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, terarah dan praktis. Kepramukaan ini adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Bagi peserta didik Kepramukaan adalah wadah pembentukan watak, karakter, akhlak dan budi pekerti luhur. Untuk itu seluruh sekolah yang ada di Kota Batam harus mempunyai Gugus Depan, sesuai dengan arahan Bapak Wali Kota. Baik dari tingkat SD sampai dengan SMA.

“Oleh karena itu jika ada sekolah yang belum terbentuk Gugus Depannya segera bentuk,” ucapnya.

Sebagai Kwarcab,Jefridin ingin di tiap Gugus Depan minimal ada dua pembina yang sudah tersertifikasi. Artinya sudah pernah mengikuti pendidikan mahir dasar. Harapannya sebagai Ketua Kwarcab Kota Batam agar kegiatan Kepramukaan Kwarcab Kota Batam semakin maju dan menunjukkan kiprahnya.

“Kwarcab akan melakukan penilaian terhadap gugus depan yang tergiat. Dan setiap hari Rabu sekolah selain menggunakan seragam Pramuka juga melaksanakan ekskul Pramuka,” sebutnya.(*)

Mungkin Anda juga menyukai