Dies Natalis Unrika Ke-30, Amsakar : Sinergi dan Kolaborasi Membangun SDM Unggul Kota Batam

MC Pemko Batam – Peringatan Dies Natalis Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Ke-30 dilaksanakan di Lapangan Unrika Batam, Batu Aji, Jumat, (21/7/2023). Acara yang disemarakkan oleh kehadiran Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, mengambil tema “Bersinergi Membangun Negeri, Menghasilkan SDM Unggul, Kreatif, dan Mandiri”.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, memberikan ucapan selamat kepada Unrika atas usianya yang telah mencapai 30 tahun. Dalam sambutannya, ia menyampaikan harapannya agar Unrika terus berkembang dan semakin baik dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas untuk kemajuan Indonesia, terutama bagi Kota Batam dan Kepulauan Riau di masa depan.

“Selamat ulang tahun ke-30, Universitas Riau Kepulauan, semoga semakin jaya dan menjadi kebanggaan Indonesia khususnya Kota Batam,”

Amsakar berharap Unrika bisa menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan bangsa. Semoga perjalanan Unrika ke depan akan semakin mengukir prestasi yang gemilang dan semakin bermanfaat bagi masyarakat dan negeri tercinta.

“Dalam 30 tahun ini, saya telah melihat banyak prestasi gemilang dari mahasiswa Unrika. Mereka tidak hanya berhasil menorehkan prestasi akademik, tetapi juga aktif berkontribusi dalam kegiatan sosial, riset, dan pengabdian masyarakat,” lanjut Amsakar.

Pada kesempatan itu, Amsakar mengapresiasi peran Unrika sebagai perguruan tinggi tertua di Batam yang telah memberikan kontribusi besar dalam membentuk banyak alumni yang berprestasi di berbagai bidang. Ia berterima kasih atas peran Unrika dalam memberdayakan kapasitas SDM dan mencetak individu-individu yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran perguruan tinggi ini dalam memberdayakan kapasitas SDM. Menurut saya, Unrika telah berhasil dengan baik dalam menjalankan tugas tersebut,” ucap Amsakar.

Menurut Amsakar, sinergi antara Unrika dan masyarakat Batam telah terjalin erat selama 30 tahun melalui berbagai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di berbagai wilayah kota Batam. Hal ini menandakan bahwa Unrika berhasil menghapuskan jarak antara kampus dan masyarakat. Ia berharap sinergi ini terus ditingkatkan ke depannya.

“Unrika ini ke depan saya harapkan semakin berkembang, hebat, dan bisa berkolaborasi untuk membentuk SDM hebat dan dahsyat di Kepri dan Kota Batam,” ungkapnya.

Dalam suasana perayaan Dies Natalis ke-30 Unrika, Amsakar mengajak seluruh keluarga besar Unrika untuk memperkuat sinergi, saling mendukung, dan terus berkolaborasi guna meraih visi bersama dalam mewujudkan Batam sebagai Kota Madani yang sejahtera dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

“Momentum ini menjadi peluang emas untuk memperkuat sinergi antara Unrika dan masyarakat Batam, agar sinergis dan berkesinambungan dapat terwujud. Mari bersama-sama mendorong potensi dan talenta muda di daerah ini sehingga masa depan pendidikan dan pengembangan SDM dapat terjamin dengan baik,” tandas Amsakar.

Selain itu, menyoroti tantangan zaman yang terus berkembang, Amsakar menegaskan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan dunia industri. Era saat ini bukanlah era di mana setiap entitas bekerja sendirian, melainkan era berkolaborasi dan bersinergi.

“Kerjasama dengan berbagai macam institusi, termasuk industri dan bidang-bidang lainnya, merupakan langkah penting yang tak terhindarkan untuk secara signifikan meningkatkan kompetensi SDM kita. Di tengah laju perubahan zaman yang semakin cepat, kita harus mampu dengan gesit menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dan dinamika yang mewarnai dunia kerja saat ini,” tegas Amsakar.

Peringatan Dies Natalis ke-30 Universitas Riau Kepulauan dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, civitas akademika, alumni, dan masyarakat. Semua hadir dengan semangat dan antusias dalam merayakan momen ini dan berkomitmen untuk terus bersinergi dalam membangun dan menghasilkan SDM hebat dan dahsyat bagi Indonesia.

 

Mungkin Anda juga menyukai