Sulap Sampah Menjadi Kursi, Jefridin Apresiasi Kreatifitas Siswa SMPN 37 Batam

MC Pemko Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd mengapresiasi kreatifitas siswa SMP Negeri 37 Batam yang memanfaatkan limbah sampah. Limbah sampah plastik itu disulap menjadi kursi.

“Wah ini keren dan sangat kreatif. Sampah dimanfaatkan dengan diolah menjadi tempat duduk,” puji Jefridin saat berkunjung ke sekolah itu pada Rabu (05/07/2023) pagi.

Kursi dari limbah botol plastik ini menurutnya cukup kokoh jika diduduki. Jika dilihat dari fisik kursi tersebut tampak kursi terbuat dari susunan botol bekas air mineral. Botol air mineral diisi dengan sampah plastik setelah padat bagian atas botol di tutup.

Warna warni sampah plastik yang diisi ke dalam botol menjadikan kursi yang cukup estetik. Setelah terangkai barulah pada bagian atas botol yang sudah tersusun dipasang lapisan busa sebagai alas tempat duduk.

“Ini unik sekali. Sampah disulap jadi kursi dan tentunya ini mengurangi populasi sampah plastik. Memanfaatkan limbah sampah dengan cara daur ulang adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah,” ujar pria asal Selatpanjang ini.

Ia mengimbau agar pengelolaan limbah sampah dapat dioptimalkan di Kota Batam. Dengan begitu dapat mengurangi penimbunan sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan.(*)

 

Mungkin Anda juga menyukai