Rudi Dorong Semua OPD Terus Berinovasi dan Tingkatkan Layanan Kepada Masyarakat

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi terus mendorong semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai dari kelurahan, kecamatan, UPTD hingga semua dinas, untuk terus berinovasi dan tingkatkan layanan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Rudi saat pemberian penghargaan lomba inovasi daerah tingkat Kota Batam yang diselenggarakan oleh  Badan Perencanaan dan PenelitianPengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam.

“Saya perintahkan semua OPD harus punya inovasi. Agar desain Kota Batam yang selain umum saat ini, ada inovasi-inovasi baru,” kata Rudi di Hotel Planet Holiday, Kamis (22/6/2023).

Dijelaskan Rudi, sejak menjabat sebagai Wali Kota Batam dan juga Kepala BP Batam banyak inovasi yang sudah digagas untuk menjadikan Kota Batam sebagai kota baru yang maju, modern dan bandar dunia madani.

Karena itu hal ini tentu juga harus didukung juga oleh inovasi OPD di Pemko Batam, sehingga apa yang sudah direncanakan untuk pembangunan Kota Batam ke depan benar-benar dapat terealisasi sesuai dengan yang diharapkan.

“Kepala OPD pasti pernah ke Singapura, contoh saja bagaimana penataan kota disana. Jalan sudah kita bangun saat ini, bagaimana ke depan menjadi indah,” ujarnya.

Rudi berharap melalui kegiatan pemberian penghargaan lomba inovasi daerah tingkat Kota Batam ini dapat memacu semangat untuk semua OPD berinovasi. Tak hanya Kepala OPD saja, tapi juga semua pegawai di lingkungan Pemko Batam.

Kepala Bapelitbangda Kota Batam, Dahlina Nopilawati mengatakan saat ini Kota Batam terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayan publik. Salah satunya yang dilaksanakan adalah dengan memperbaiki regulasi pelayanan.

“Kemudian, mempermudah proses dan mekanisme pelayanan, serta meningkatkan sumber daya aparatur pelayanan,” kata Dahlina.

Lomba inovasi daerah sendiri dimaksudkan guna mendorong semua OPD di lingkungan Pemko Batam untuk terus berinovasi dan berkreativitas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ada empat kategori yang dinilai kepada semua OPD yakni pertama kategori perangkat daerah terinovatif, kemudian kategori UPTD terinovatif, ketiga kategori inovasi digital terbaik dan keempat kategori non digital terbaik.

Kategori perangkat daerah ternovatif

  1. Dinas Pendidikan
  2. Bapelitbangda
  3. Dinas Lingkungan Hidup
  4. Kecamatan Galang
  5. Disperindag

Kategori UPTD terinovatif

  1. Puskesmas Baloi Permai
  2. UPTD Pelayanan Bidang Perikanan
  3. Puskesmas Galang
  4. Puskesmas Sungai Panas
  5. Puskesmas Tanjungbuntung

Kategori inovasi digital terbaik

  1. Inovasi Fuel Card 3.0 – Disperindag
  2. Inovasi Perseling – DLH
  3. Tanjak 26 – SMPN 26
  4. Sipadat Karya – Kecamatan Galang
  5. Ceting Dikecapin – Puskesmas Baloi Permai

Kategori non digital terbaik

  1. Buper – SMPN 42
  2. Pojok Audisi – Bapelitbangda
  3. Gurih C20 – SMPN 20
  4. Kios Pangan Mobile – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian
  5. Sahabat Dupan – SMP 28

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid serta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemko Batam.

Mungkin Anda juga menyukai