Pemko Batam Komitmen Dukung Pembangunan yang Responsif Gender di Kota Batam

MC Pemko Batam – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB menggelar Pelatihan Kegiatan Pelaksanaan Penyusunan Gender Analysis Pathway (GAP), Gender Budget Statement (GBS), sekaligus Pelatihan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender (RAD- PUG).

Kegiatan dibuka langsung Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (21/6/2023).

Selaku narasumber, Direktur PT. Primacon Cipta Mandiri sebagai Konsultan Penyusunan Anggaran Daerah dan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender, Rinusu.

“Wali Kota Batam, Muhammad Rudi berkomitmen untuk mendukung pembangunan yang responsif gender di Kota  Batam, yang ditandai dari penyusunan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan, pelayanan publik dan pembinaan aparatur,” jelas Jefridin.

Menurutnya, strategi pengarusutamaan gender sendiri bertujuan demi mencapai keadilan dan kesetaraan gender, pengintegrasian kebutuhan laki- laki, perempuan, anak, disabilitas dan lansia.

“Semua ini merupakan wujud dan komitmen dari Pak Wali Kota untuk menerapkan pengarusutamaan gender, demi terwujudnya pembangunan yang merata di Kota Batam,” ujarnya.

Sedangkan untuk Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender, diperlukan guna mencapai keadilan dan kesetaraan untuk mendorong kebijakan pembangunan yang responsif gender.

“Maka dari itu kita telah menyusun perencanaan dan penganggaran yang responsif gender,” ujarnya.

Dimana pelatihan penyusunan metode GAP ini sendiri, salah satunya memberikan pedoman bagi OPD di lingkungan Pemerintah Kota Batam untuk melakukan penyusunan data terpilah gender dan anak. Guna menyusun GAP, dan GBS yang merupakan instrumen anggaran responsif gender secara online.

“Diharapkan melalui pelatihan ini seluruh OPD dapat mengikuti dengan baik, dan apa yang diharapkan dapat tercapai dan memberikan manfaat untuk masyarakat Kota Batam yang kita cintai,” tutup Jefridin.

Mungkin Anda juga menyukai