Buka Pelaksanaan Bimtek SOP, Jefridin Minta Tiap Perangkat Daerah Memiliki SOP

MC Pemko Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd meminta setiap Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) administrasi. Hal tersebut ditegaskannya saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) SOP di Lingkungan Pemerintah Kota Batam di Aula Engku Hamidah, Senin (12/06/2023). Pesannya, agar ASN dapat melayani masyarakat dengan hati tulus, ikhlas dan sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Semua Perangkat Daerah sampai dengan unit yang terkecil harus mempunyai SOP. Peserta Bimtek yang mewakili instansinya tolong sampaikan dan dibahas di Perangkat Daerah masing-masing agar dibuat SOP terhadap tiap layanan yang ada,” ujarnya.

Jefridin mengatakan pentingnya SOP ini karena sebagai penyempurnaan proses penyelenggaran pemerintahan. SOP juga sebagai bentuk ketertiban dalam penyelenggaraan pemerintahan serta sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

“SOP ini menjadi pedoman kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kita sebagai pelayan masyarakat harus memberikan pelayanan yang baik, bagaimana urusan masyarakat bisa selesai tepat waktu sesuai dengan SOP nya,” tegasnya.

Ia mengatakan Bimtek ini merupakan salah satu sarana diskusi untuk mencari solusi atas permasalahan yang kerap dihadapi dalam memberikan pelayanan publik maupun penerima manfaat pelayanan publik. Lebih lanjut ia meminta agar seluruh unit layanan publik di lingkungan Pemerintah Kota Batam menindaklanjuti Bimtek SOP secara konsisten dan bertanggungjawab.

“Harapan saya melalui Bimtek ini Bapak/Ibu memiliki pemahaman dalam penerapan SOP di unit kerjanya masing-masing. Bagaimana, dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan antara penyelenggara pelayanan dan penerima pelayanan. Mudah-mudahan melalui Bimtek hari ini dapat memberi manfaat dan pengetahuan bagi Bapak/Ibu,” pesannya.

Kepala Bagian Organisasi Setdako Batam, Tongam Reigianto H, menyampaikan Bimtek ini diikuti oleh Kepala Subagian Umum dan Kepegawaian di Lingkungan Pemko Batam. Dengan mengundang narasumber Muhamad Sayuti dari Fakultas Teknik Universitas Buana Perjuangan Karawang. Bimtek ini sebagai salah satu upaya penataan tata laksana penyusunan dan implementasi SOP dalam melaksanaan tugas dan fungsi aparatur pemerintah.

“Sebagaimana tertuang dalam PermenpanRB Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan SOP Administrasi Pemerintah,” tuturnya.

Mungkin Anda juga menyukai