Upaya Tingkatkan Pelayanan Berstandar Internasional, Pemko Batam Gelar Bimtek SAKIP dan Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi

MC Pemko Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. membuka sekaligus memberikan arahan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Pemerintah Kota Batam.

Kegiatan disejalankan dengan Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 3 Tahun 2023 di Lingkungan Pemko Batam, di Aula Engku Hamidah lt.IV, Rabu (7/6/2023).

“Selamat datang di Kota Batam kepada Bapak Agusdin Muttakin, Ak. dan Bapak Wahyu Kusumaningtyas, S.H dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Aparatur dan Pengawasan. Semoga betah, dan dapat menikmati pembangunan di Batam,” sambut Jefridin mewakili Wali Kota Batam, kepada dua narasumber Bimtek.

Melalui sosialisasi ini, pihaknya mengharapkan narasumber dapat memberikan   masukan dalam rangka implementasi peningkatan SAKIP dan Penajaman Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi di Kota Batam.Juga sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan pemahaman aparatur Pemerintah Kota Batam dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan SAKIP.

“Reformasi Birokrasi sendiri kita lakukan sebagai upaya untuk pembaharuan dan perubahan sistem penyelenggaraan pemerintahan, agar berhasil dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan yang berkelas dunia,” katanya.

Selain proses pelayanan yang menunjukkan aparat pemerintah berstandar internasional, Jefridin menekankan bahwa Reformasi Birokrasi tematik juga perlu didorong. Guna memperkuat peran birokrasi dalam mendukung agenda prioritas nasional. Mulai dari penanggulangan kemiskinan, kemudahan investasi, digitalisasi, P3DN, hingga stunting. 

“Allhamdulilah angka stunting di Batam menurun signifikan, pada tahun 2021 lalu pada angka 5,8 persen turun drastis menjadi 2,5 persen pada tahun 2022, dan akan ditekan hingga zero stunting. Begitu pula dengan Pemaksimalan Penggunaan Produk Dalam Negeri,” ujarnya.

Selanjutnya Jefridin berharap pada para peserta Bimtek Tim Reformasi Birokrasi dan Tim SAKIP dari Lingkungan Pemerintah Kota Batam, untuk dapat menjadi motor penggerak pelaksanaan reformasi birokrasi dan SAKIP.

“Semoga dapat mengemban tugas dengan sebaik- baiknya, saling bersinergi dan menjalin koordinasi dengan baik. Dimana peran para peserta Bimtek kali ini menentukan keberhasilan implementasi reformasi birokrasi dan SAKIP, yang tugas dan fungsinya membantu Wali Kota Batam dalam mewujudkan cita- cita reformasi birokrasi,” tutup Jefridin.

Mungkin Anda juga menyukai