Lepas Wisuda Siswa MAN IC, Jefridin Pesan Siswa Terus Belajar

MC Pemko Batam – Jefridin, M.Pd. Sekretaris Daerah Kota Batam menghadiri The Graduation of Exquatecallium Angkatan V MAN Insan Cendekia (IC) Kota Batam Tahun Pelajaran 2022/2023 di Hotel Planet Holiday, Kamis (18/05/2023). Ia memberikan ucapan selamat kepada siswa MAN IC yang berhasil lulus 100 persen. Jefridin dalam kesempatan itu berpesan agar siswa yang telah menamatkan pendidikan jangan puas melainkan terus belajar ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kita hadir di sini dalam rangka pelepasan siswa MAN IC yang menjadi kebanggaan bagi kita dan masyarakat Kota Batam. Selamat bagi anak-anak semoga ilmu yang didapat bermanfaat,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam memberikan apresiasi dan selamat kepada Kementrian Agama yang menjadikan MAN IC menjadi lebih maju. Menurutnya, Pemko Batam terus mendukung untuk kemajuan pendidikan di MAN IC. Salah satu bentuk dukungan adalah dengan telah dihibahkannya lahan MAN IC ke Kementrian Agama Kota Batam, termasuk aset jalan dan Masjid.

“Pemko Batam juga sudah menggelontorkan beasiswa kepada anak Batam yang lulus perguruan tinggi melalui jalur prestasi. Jika tahun lalu ada lima universitas maka tahun ini ada tujuh universitas. Tentu ada kriteria dan persyaratan sesuai yang sudah diatur di dalam Perwako,” tuturnya lagi.

Jefridin menuturkan bahwa pendidikan adalah tanggungjawab bersama. Yang terdiri dari lembaga informal yakni orang tua. Formal, Pemerintah yang bertugas mempersiapkan sarana dan prasarana, kurikulum, tenaga pendidikan dan kurikulum, Non formal, yakni masyarakat.

“Bisa memanfaatkan Corporate Responsibility Social (CSR). Ketika ketiga lembaga ini berkolaborasi membangun pendidikan insyaallah pendidikan akan baik dan maju. Pendidikan adalah investasi, jadi jangan bimbang dan galau terhadap pendidikan itu,” pesannya.

Kepala MAN IC Kota Batam, M. Kamal menyampaikan jumlah siswa Kelas XII yang mengikuti wisuda purna siswa sebanyak 93 siswa dengan kelulusan 100 persen. Keputusan kelulusan ini diambil karena mereka sudah menyelesaikan pendidikan dengan penilaian sikap prikalu selama di madrasah, spritual dan hasil karya tulis ilmiah.

“Yang paling penting mereka sudah menyelesaikan hafalan Al Quran sebanyak 3 juzz. Alhamdulillah MAN IC Kota Batam berada di peringkat pertama lulus di Perguruan Tinggi favorit melalui jalur siswa berprestasi. Tahun lalu 12 orang, tahun ini 20 siswa,” sebutnya.

Mungkin Anda juga menyukai