STQH X Kepri: Kafilah Batam Tiba di Karimun, Siap Pertahankan Juara Umum

MC Pemko Batam – Kafilah Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) X Kepri asal Batam tiba di Kabupaten Karimun. Sebanyak 135 rombongan siap mengharumkan nama Batam.

“Batam menargetkan juara umum di ajang STQH X Kepri,” tegas Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Rudi menegaskan, Batam dalam menghadapi STQH X Kepri ini sudah menyiapkan peserta terbaik dan dibekali pelatihan maksimal. Dengan usaha itu, ia optimistis Batam bisa membawa pulang piala bergilir STQH Kepri.

“Persiapan sudah matang, peserta sudah berangkat, tunjukkan penampilan terbaik dan semoga juara,” pesan Rudi.

Keberangkatan Kafilah STQH X Kepri asal Batam itu dipimpin Ketua Kafilah Kota Batam, Yusfa Hendri, ia melaporkan jumlah peserta yang mengikuti STQH X Kepri dari Kota Batam sebanyak 20 orang. Sedangkan jumlah kafillah Kota Batam yang turut berangkat ke Kabupaten Karimun sebanyak 135 orang, terdiri dari peserta, pelatih dan official.

“Peserta bersama pelatih dan pendamping menurutnya berangkat menggunakan Kapal Batam I dan akan menetap di Hotel Aston,” ujarnya.

Dari seluruh Cabang yang dilombakan, Yusfa mengatakan Batam mengikuti semua cabang lomba. Adapun cabang yang dilombakan yakni, lomba Tilawah, Hifdzil Quran 1 Jus dan 5 Juz Tilawah, Hafalal 10, 20 dan 30 juz, Tafsir Bahasa Arab, Hafalan Hadist 100 dengan sanad dan Hafalan Hadist 500 tanpa sanad.

“Alhamdulillah pada STQH ini peserta dari Kota Batam mengikuti semua cabang yang dilombakan. Peserta STQH ini juga sudah dua kali mengikuti TC. Pertama TC yang diselenggarakan oleh LPTQ dan TC ke dua digelar oleh Pemerintah Kota Batam melalui Bagian Kesra Setdako Batam,” jelasnya.

Untuk diketahui, pembukaan STQH X Provinsi Kepri akan dihelat pada Selasa (09/05/2023) malam di Astaka Utama Coastal Area. Untuk lomba STQH akan berlangsung pada Rabu-Sabtu (10-13/5/2023). Adapun rangkaian acara STQH Provinsi Kepri ke-X dimulai dengan Penyambutan dan Penerimaan Kafilah di Pelabuhanan Internasional Kabupaten Karimun. Dilanjutkan pada malam harinya Malam ta’aruf  di halamann rumah Bupati Karimun.

Keesokan harinya, Rabu (10/05/2023) akan digelar Pawai Ta’aruf , lomba Kereta Hias  dan pada sore harinya dilanjutkan peresmian Stand Bazar dan Pameran.

“Akan ada juga lomba rebbana. Secara keseluruhan pada saat pawai taaruf, kafillah dari Kota Batam berjumlah 400 orang. Ada juga tim dari BBDC dan kelompok rabbana yang ikut serta berangkat pada hari ini,” pungkasnya.

Adapun lokasi lomba STQH yang disiapkan oleh tuan rumah terdapat di empat tempat. Astaka Utama Coastal Area Karimun , Masjid Baiturrahman Karimun, Aula Darun Nadwah Masjid Agung Karimun dan Gedung IPHI Karimun.

Mungkin Anda juga menyukai