Belum Setahun Diimplementasikan, Penerapan Kurikulum Merdeka Dorong Pemko Batam dapat Penghargaan

MC Pemko Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam atas komitmen dan kepedulian Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi terhadap keberhasilan dunia pendidikan di Kota Batam telah berhasil melakukan percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Kota Batam. Kota Batam menjadi salah satu rujukan bagi daerah kabupaten/kota sebagai pusat studi tiru untuk program sekolah penggerak dan implementasi kurikulum merdeka. Keberhasilan lainnya, berdasarkan 80 perwakilan daerah fokus belajar.id, Kota Batam berada di peringkat ke-5 ketegori daerah fokus belajar.id. Keberhasilan membanggakan lainnya yang berhasil oleh Pemko Batam dalam percepatan IKM yakni berhasil meraih Penghargaan Anugerah Pendidikan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepri di tahun 2022. Per tanggal 28 April 2023 sebanyak 276 sekolah atau 99,64 persen sudah bergabung ke pelatihan mandiri IKM di Kota Batam.

“Sebagai juara umum anugerah BPMP Kepri 2022, penghargaan daerah pelaksana digitalisasi sekolah terbaik dan penghargaan sebagai daerah inovatif. Ini cukup membanggakan, dalam waktu yang terbilang singkat Disdik Kota Batam melakukan persiapan dan hasilnya cukup memuaskan, karena cukup banyak capaian keberhasilan sejak mulai dilaksanakan pada Juli 2022 lalu,” sebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Rudi Panjaitan, Senin (1/05/2023).

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Tri Rubiyanto menambahkan, berdasarkan progres aktifasi platform  merdeka mengajar (PMM) sekolah pelaksana kurikulum merdeka dan sekolah penggerak angkatan 1,2 dan 3 di Provinsi Kepri persentase kelulusan topik 77,33 persen dengan jumlah guru 5.110. Kategori lulus post test 81,64 persen jumlah guru 5.395, kategori login PMM 86,43 persen dengan jumlah guru 5.711, kategori menonton vidio 83,05 persen yang diikuti 5.487 guru. Ia juga menyampaikan terdapat 271 sekolah atau 97,83 persen yang sudah menyelesaikan 1 topik merdeka belajar.

Untuk 3 topik Profil Pelajar Pancasila terdapat 260 sekolah atau 93,86 persen yang sudah menyelesaikan. Untuk 2 topik Kurikulum sudah diselesaikan oleh 268 sekolah atau 96,75 persen. Pada 4 topik perencana pembelajaran sudah diselesaikan oleh 258 sekolah atau 93, 14 persen. “Data ini berdasarkan progres aktifasi platform  merdeka mengajar per 28 April 2023,” tutur mantan Kabid Litbang Bappelitbang Batam ini.

Dinas Pendidikan Kota Batam sejak Juli 2022 lalu sudah mulai mempersiapkan langkah-langkah untuk mengimplementasikan IKM di Kota Batam. Meski baru dimulai pada Juli 2022, namun pada Desember 2022 percepatan IKM di Kota Batam sudah berada di kisaran 90 persen. Kemajuan ini menurutnya hasil kerja keras tim Pokja Manajemen Operasional (PMO) Program Sekolah Penggerak (PSP) dan IKM yang telah bekerja sejak Bulan Juli tahun lalu.

“Untuk mendukung sekolah pelaksana kurikulum merdeka secara mandiri, Disdik Kota Batam telah mengadakan “Batam Digital Camp”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada satuan pendidikan untuk penerapan teknologi digital, fotografi, vidiografi, storytelling dan MC pada penerapan kurikulum merdeka.

Bahkan mengawali penerapan IKM di Kota Batam Disdik Kota Batam langsung membentuk Tim Pokja Managemen Operasional untuk implementasi kurikulum merdeka di Kota Batam. Tim inilah yang turun ke sekolah pelaksana IKM di 12 Kecamatan untuk melakukan  sosialisasi PMM dan IKM. Seluruh aktifitas tim dan sekolah pelaksana dapat terpantau secara digital real time dan akurat oleh Disdik Kota Batam melalui akun Belajar.id dan Google Workplace for Education.

Mungkin Anda juga menyukai