Hindari Banjir, Jefridin Ajak Warga Untuk Bunag Sampah Pada Tempatnya

MC Pemko Batam – Jefridin, M. Pd. Sekretaris Daerah Kota Batam mengajak agar masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dari sampah. Langkah ini menurutnya salah satu untuk menghindari terjadinya banjir di waktu hujan.

Hal ini disampaikannya saat Safari Ramadhan di Masjid Al Mukhlisin Kavling Sambau Makmur RT 06/RW 04 Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa, Minggu (8/04/2023). Katanya, jika sampah dikelola maka akan ada nilai ekonomis yang menguntungkan bagi masyarakat.

“Mari sama-sama kita jaga Batam ini. Jika jalan sudah bagus, taman sudah bagus, masjid sudah bagus tapi kalau sampah masih berserakan, itu jadi persoalan bagi kita. Saya menyampaikan pesan dari Bapak Wali Kota, agar kita semua menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya,” sebut Jefridin.

Jefridin juga meminta agar ketua Rukun Tetangga (RT) dan ketua Rukun Warga (RW) berperan dalam hal pengelolaan sampah ini. Bagaimana di lingkungannya masing-masing terdapat bank sampah, sehingga sampah-sampah yang masih bisa diolah dapat di kumpulkan dan dimanfaatkan.

“Misalnya diolah dengan membuat kompos. Botol plastik bekas minuman dikumpulkan di bank sampah dan bisa dijual karena ini ada nilai ekonomisnya. Pak RT dan Pak RW mohon bantuannya untuk pengelolaan sampah ini,” sebut pria kelahiran Selatpanjang ini.

Ketua Kwarcab Kota Batam ini juga menyampaikan jika saat ini Wali Kota Batam, Muhammad Rudi tengah membangun jalan dari arah Batuampar-bandara-Nongsa. Jalan yang dilebarkan di jalur kiri dan kanan ini akan dibangun masing-masing lima lajur. Diperkirakan jalan tersebut akan selesai pada akhir Desember 2023.

“Jalan sudah bagus, tentu harus bersih. Kalau sampah masih berserakan, bukan hanya mata yang sakit tapi juga bisa mendatangkan penyakit. Kita tidak bisa berharap banyak terhadap petugas kebersihan, karena jumlah mereka sedikit. Sementara penduduk Batam ini ada 1,3 juta jumlahnya. Jika sampah sudah dibuang pada tempatnya, tidak akan ada lagi parit yang tersumbat, dan ketika hujan tidak akan banjir lagi,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, mewakili Wali Kota, Jeridin menyerahkan sejumlah bantuan untuk perbaikan masjid Al Mukhlisin. Bantuan senilai Rp 50 juta ini diharapkannya dapat bermanfaat untuk kelanjutan pembangunan masjid tersebut.

“Bantuan ini saya serahkan semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Nanti setelah dananya cair segera dikerjakan dan disiapkan laporan pertanggungjawabannya,” pesan suami Hariyanti ini.

Atas bantuan yang diberikan Ketua RT 02, Warigan menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya. Ia mengakui masih banyak kekurangan infrastruktur di masjid tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai

DD