Pemko Bangun Fasum Dan Fasos Yang Sudah Dihibahkan Developer

MC Pemko Batam – Pemerintah Kota Batam baru bisa melakukan pembangunan infrastruktur di lingkungan perumahan apabila lahan Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) sudah diserahkan oleh developer kepada Pemko Batam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Jefridin, M. Pd. Sekretaris Daerah Kota Batam saat Safari Ramadhan di Masjid Qomarul Huda, Rabu (5/04/2023) di Perumahan Central Park Residence RT 001/RW 023 Tanjunguncang Kecamatan Batuaji.

“Segera tindaklanjuti, apakah lahan Fasum dan Fasos di perumahan ini sudah diserahkan atau belum oleh developer. Setelah diserahkan asetnya, Pemerintah Kota Batam baru dapat menganggarkan untuk pembangunan infrastruktur baik jalan maupun drainase,” jelas Jefridin mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dalam acara Safari Ramadhan.

Ia menuturkan bahwa Wali Kota Batam tidak hanya membangun jalan arteri, tapi juga jalan lingkungan. Pembangunan untuk infrastruktur lingkungan menurutnya dilakukan melalui kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (PSPK). Pada tahun anggaran 2023, tiap kelurahan mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 3,2 miliar.

“Tahun depan diusulkan untuk anggaran PSPK sebesar Rp 3,5 miliar. Mudah-mudahan anggaran ini dapat mendukung pembangunan di lingkungan Bapak/Ibu. Apa saja yang akan dibangun sudah diusulkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan sudah ada program-program prioritas di akomodir. Apabila ada usulan pembangunan yang belum terakomodir, dapat disampaikan melalui OPD terkait,” papar suami Hariyanti ini.

Melalui ajang silaturahmi itu Jefridin juga mengajak warga di Perumahan Central Park Residence untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. Ia berpesan agar tidak ada sampah yang berserakan di dalam parit. Katanya, ini salah satu langkah untuk mencegah terjadinya banjir di Kota Batam.

“Sampah di dalam parit, itu yang membuat tersumbat. Sehingga pada waktu hujan, air tidak mengalir yang menyebabkan terjadinya banjir. Insyaallah jika parit tidak tersumbat, tidak akan banjir. Mari kita jaga kebersihan lingkungan kita dari sampah,” ajaknya.

Tak henti-hentinya Jefridin juga mengajak agar masyarakat menjaga keamanan, kenyamanan dan kerukunan di Kota Batam. Tujuannya agar investor aman menanamkan investasinya di Kota Batam. Dengan begitu akan terbuka lapangan pekerjaan yang berdampak pada peningkatan perekonomian di Kota Batam. Begitu juga orang yang berkunjung ke Batam akan betah sehingga Pemko Batam dapat memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan digunakan utuk kelanjutan pembangunan infastruktur di Kota Batam.

“Batam ini ini milik kita, rumah kita dan miniatur Indonesia. Seluruh suku ada di Batam. Oleh karena itu kita perlu menjaga kerukunan, perlu menjaga keamanan di Kota Batam,” pungkasnya.

Sebelum menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Qomarul Huda, Jefridin mengajak warga untuk dapat menghadiri peringatan Nuzul Qur’an yang akan dilaksanakan pada Jumat (7/04/2023) di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Batuaji.

Ketua Yayasan, Surya Darma Sitompul menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemko Batam atas bantuan yang diberikan.

Diakuinya banyak infrastruktur masjid yang masih harus dibenahi. Dengan adanya bantuan dari Pemko Batam ini menurutnya bisa digunakan untuk perbaikan infrastruktur masjid yang sudah berdiri sejak tahun 2017 itu. Ia juga berharap Pemko Batam dapat membangun Fasos dan Fasum yang ada di lingkungan mereka.

Mungkin Anda juga menyukai