Upaya Pemko Batam Mengendalikan Inflasi, Jefridin: Pola Demand Saat Ramadhan Perlu Diikuti Pola Suplai, Stok dan Keterjangkauan Harga

MC Pemko Batam – Guna mengendalikan inflasi daerah, Pemerintah Kota Batam terus melakukan berbagai upaya pengendalian. Salah satunya melalui Monitoring Pengendalian Inflasi Daerah Kota Batam, yang kini sudah berjalan pada Minggu ke-III Maret 2023, atau terhitung waktu monitoring sejak 20 s.d. 24 Maret 2023.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M. Pd. Usai mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, melalui zoom meeting dari Kantor Wali Kota Batam, pada Senin (27/3/2023).

“Kita dapati hasil laporan dari monitoring tersebut, di Kota Batam terdapat kenaikan harga pada dua komoditi yaitu cabai rawit hijau dan telur ayam ras,” ujar Jefridin.

Namun, pihaknya mengaku telah melakukan berbagai langkah pengendalian terutama saat ramadhan hingga jelang hari raya idul fitri. Diantaranya menggelar operasi pasar, terus berkoordinasi dengan daerah penghasil, menjaga pasokan, hingga melakukan pemantauan langsung ke beberapa pasar untuk memantau harga cabai .

“Isu inflasi ini sebisa mungkin terus kita jaga, apalagi bulan ramadan dimana pola demand juga berubah dan menjadi tinggi akibat buka puasa bersama masyarakat dan menjelang hari raya idul fitri,”katanya.

Oleh karena itu menurut Jefridin, hal tersebut perlu diikuti dengan pola suplai yang cukup, ketersediaan bahan pangan, dan harga yang dapat terjangkau oleh masyarakat sampai dengan ramadan hingga lebaran.

Sedangkan Mendagri Tito dari Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri menyampaikan, bahwa pihaknya meminta kepada para kepala daerah untuk lebih memperbanyak kegiatan pemberian bantuan sosial (bansos), baik tunai maupun non tunai.

“Manfaatnya penting untuk membantu masyarakat tidak mampu yang rentan. Itu akan memperkuat daya beli masyarakat. Kalau diberikan uang tunai atau diberikan sembako, maka ketahanan pangannya akan kuat dan akan berdampak pada pengendalian inflasi,” Ujar Mendagri Tito.

 

Mungkin Anda juga menyukai