Hadiri Muswil Gempar Kepri, Walikota Rudi Ajak Pemuda Asal Pariaman Berinovasi Membangun Batam

MC Pemko Batam – Potensi besar warga Kepri asal Padang Pariaman disadari oleh Wali Kota Batam Haji Muhammad Rudi. Untuk itulah dia secara khusus meminta para pemuda dan pemudi asal Pariaman tersebut untuk terus kompak mendukung pembangunan, dengan cara berinovasi membuat berbagai produk baik kuliner, souvenir, dan jasa lainnya sehingga membuat orang semakin tertarik berkunjung ke Batam.

Harapan itu disampaikan Wali Kota Rudi yang juga Kepala BP Batam saat memberikan pengarahan pada pembukaan musyawarah wilayah (muswil) I Generasi Muda Pariaman (Gempar) Provinsi Kepulauan Riau di Hotel Golden View, Bengkong, Minggu (12/2/2023) sore. Kegiatan itu dihadiri ratusan pemuda asal Pariaman se-Kepri dan tokoh Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) serta pengurus Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kepri.

“Tugas saya di pemerintahan membangun infrastruktur dimana kita sedang mengembangkan Bandara Hang Nadim yang akan membuka berbagai rute internasional dan domestik serta melebarkan jalan-jalan utama. Dan, menjadi tugas Bapak dan Ibu juga membuat sesuatu yang semakin menarik orang untuk berkunjung ke Batam. Entah itu kuliner atau produk lainnya. Ya, mungkin saja masakan Padang yang dibuat di sini bisa lebih enak dari di Padang, contohnya,” ungkap Wali Kota Rudi.

Dia juga mengajak para pemuda asal Pariaman untuk kompak dan bersatu membangun Batam. Menurutnya, kreativitas dan kekompakan pemuda asal Pariaman merupakan potensi berharga untuk mewujudkan Batam Kota Baru yang modern dan madani.

“Jika pembangunan Kota Batam ini maju dan sempurna, maka ekonomi masyarakatnya juga akan maju. Dan itu akan dinikmati oleh semua masyarakat Batam. Makanya, jangan lagi pulang kampung. Mari bersama kita bangun di sini,” ungkap Rudi sembari bercanda yang disambut tepukan dan sumringah warga yang hadir.

Selain memaparkan pembangunan Bandara dan pelebaran jalan terutama jalan lima lajur kiri dan lima lajur kanan dari Pelabuhan Batu Ampar melewati Bandara hingga ke Nongsa, Wali Kota Rudi juga memaparkan rencana pembangunan moda transportasi modern, LRT (Light Rail Train). Dia mohon doa dan dukungan agar rencana tersebut tercapai meskipun nanti bukan dirinya lagi menjabat Wali Kota Batam.

Sebelumnya, Wali Kota Rudi mengucapkan selamat atas terselenggaranya Muswil I Gempar. Dia berpesan agar lebih baik menempuh jalan mufakat sehingga tidak perlu memunculkan potensi perpecahan. “Tidak perlu ribut-ribut untuk memilih ketua. Siapa yang dianggap memiliki kemampuan, sudah angkat saja sebagai ketua. Untuk apa kita bersaing sampai harus bertengkar. Ndak ado pitinyo,” ungkap Wali Kota Rudi sembari bercanda menggunakan Bahasa Minang disambut aplaus para warga Gempar.

Sebelumya, Ketua Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Provinsi Kepri Haji Nurman mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wali Kota Rudi. Menurutnya, Gempar Kepri dibentuk sebagai kaderisasi bagi generasi muda asal Pariaman untuk ke depannya memegang estafet kepemimpinan baik sebagai Ninik Mamak maupun sebagai tokoh Pariaman di perantauan.

“Gempar ini bagaikan wadah untuk memilah mano bareh dan mano antah. Di sini kita mengkaderisasi bagaimana tokoh muda ini untuk bersopan-santun kepada orangtua, bagaimana adab dengan ninik mamak,” ungkap Haji Nurman.

Harapan sama disampaikan pula Ketua IKSB AKBP (Purn) Maryon. Dia mengajak para pemuda Pariaman yang tergabung di Gempar, untuk solid dan kompak serta ikut aktif mendukung pembangunan Kota Batam.

“Mari kita bangun kebersamaan. Siapapun yang terpilih nanti agar dibimbing rekan-rekan dan adik-adik ini ke arah yang baik. Terlebih sekarang sudah eranya teknologi. Ini jamannya menggunakan kemampuan akal fikiran, bukan lagi mengandalkan kekuatan fisik,” tegas Maryon.

Muswil Gempar ini juga mendapat perhatian Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur yang memberikan sambutan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Keduanya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan kedekatan Wali Kota Rudi dengan pemuda asal Pariaman.

“Kembangkanlah diri di perantauan. Kembangkan ekonomi kita dan tempat dimana kita tinggal. Prinsipnya, Dimano bumi dipijak di situ langit dijunjuang. Saya bangga adik-adik semua dekat dengan Pak Wali. Terlebih Batam berkembang sangat pesat baik ekonomi dan pembangunannya. Banyak-banyaklah belajar dari Pak Wali Kota. Dukung program pembangunan beliau, agar Batam semakin bersaing di dunia internasional.” pinta Bupati Suhatri Bur disambut tepukan para pemuda Pariaman.

Mungkin Anda juga menyukai