𝐌𝐮𝐡𝐚𝐦𝐦𝐚𝐝 𝐑𝐮𝐝𝐢 𝐓𝐢𝐧𝐣𝐚𝐮 𝐊𝐌𝐏 𝐁𝐚𝐡𝐭𝐞𝐫𝐚 𝐍𝐮𝐬𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝟎𝟑 𝐁𝐞𝐫𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐌𝐞𝐧𝐡𝐮𝐛 𝐁𝐮𝐝𝐢 𝐊𝐚𝐫𝐲𝐚 𝐒𝐮𝐦𝐚𝐝𝐢

𝗗𝗶𝘀𝗸𝗼𝗺𝗶𝗻𝗳𝗼 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺- Wali Kota Batam Muhammad Rudi membersamai Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi meninjau Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 03 di Dermaga Penyeberangan Telaga Punggur, Nongsa, Sabtu (4/2/2023) pagi.

Peninjauan diseiringkan dengan kunjungan kerja (kunker) Menhub dan Rapat Koordinasi (rakor) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenhub se- Kepulauan Riau, Rabu (3/2/2023) malam.

Kapal ini akan melayani rute Tanjunguban-Tambelan-Sintete. Dan disebutkan mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 22 orang, serta 36 unit kendaraan.

Rudi menyambut baik kehadiran kapal Roro ini. Menurutnya kehadiran kapal Roro tentu saja mempermudah mobilitas masyarakat di daerah-daerah kepulauan, seperti Batam maupun Kepri sehingga terhubung dengan daerah lain di Indonesia.

“Kalau mobilitas lancar, ekonomi juga akan semakin berkembang pesat,” sebut Rudi.

KMP Bahtera Nusantara 03 ditenagai Mesin Utama Yanmar 6EY22AW 2 X 1863 HP serta mesin bantu ECO403S4B 2 X 618 HP.

Adapun spesifikasinya yakni memiliki panjang keseluruhan (LOA) 71,92 meter, kemudian lebar 14 meter, tinggi 4,6 meter. Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 22 orang, serta 36 unit kendaraan.

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan rasa bangga atas hadirnya kapal ini. Senada dengan yang disampaikan Rudi, moda transportasi yang mumpuni dapat merangkai Indonesia.

“Kapal ini akan mempersatukan Indonesia, paling tidak antara Kepri dan Kalimantan,” sebut dia.

Lanjut dia, tentu saja ini merupakan upaya dan kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dengan daerah, dalam menghadirkan kemudahan bagi masyarakat.

“Insha Allah kapal ini akan diresmikan presiden (Presiden Joko Widodo), saya bangga kita mampu mewujudkan kapal ini,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai