๐Œ๐๐„๐— ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ‘ ๐ƒ๐ข๐ข๐ค๐ฎ๐ญ๐ข ๐Ÿ“๐ŸŽ ๐๐ž๐ง๐ ๐ฎ๐ฌ๐š๐ก๐š ๐Œ๐š๐ฅ๐š๐ฒ๐ฌ๐ข๐š, ๐‘๐ฎ๐๐ข: ๐„๐ค๐จ๐ง๐จ๐ฆ๐ข ๐Œ๐ž๐ฅ๐ž๐ฃ๐ข๐ญ, ๐๐š๐ซ๐ข๐ฐ๐ข๐ฌ๐š๐ญ๐š ๐๐š๐ง๐ ๐ค๐ข๐ญ

๐——๐—ถ๐˜€๐—ธ๐—ผ๐—บ๐—ถ๐—ป๐—ณ๐—ผ ๐—•๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—บ – Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, meresmikan Batam Internasional Exhibition (MBEX) 2023 di Mega Mall, Jumat (27/1/2023).

MBEX 2023 itu digelar Majlis Amanah Rakyat (MARA) Malaysia dengan mendatangkan 50 pengusaha se-Malaysia.

“Selamat datang di Batam, saya akan membuat tamu senyaman mungkin. Kalau ada masalah, silakan sampaikan ke kami untuk dicarikan solusinya,” ujar Rudi menyambut para tamunya.

Rudi memaparkan, Batam merupakan kota industri, perdagangan. Dan di era Rudi, sektor pariwisata mulai digarap dan Batam dibangun makin memesona.

“Batam kini menjadi salah satu penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak di Indonesia. Kedatangan para pengusaha dari Malaysia ini menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pariwisata Batam,” katanya.

Ia berharap, dengan event ini, hubungan erat antara Batam dan Malaysia ini makin kokoh dan ke depan kerja sama ekonomi maupun pariwisata terus terjalin.

“Hari ini 50 pengusaha ke Batam, mungkin ke depan 70 pengusaha Batam yang ke Malaysia,” ujarnya.

Rudi menegaskan, hubungan kedua wilayah ini sangat penting. Ia pun menekankan bahwa saat ini penangan Covid-19 di Batam tergolong sangat baik di Indonesia. Selain itu, terkait keamanan juga dipastikan oleh Rudi.

“Mari jaga kerja sama ini demi ekonomi melejit dan pariwisata bangkit,” katanya.

Sementara itu, Timbalan Ketua Pengarah (Keusahawanan) Majlis Amanah Rakyat (MARA) Malaysia, Hasrat Datoโ€™ Zulfikri Bin Osman, mengapresiasi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang sudah mendukung suksesnya MBEX 2023.

“Tanpa persetujuan Pak Wali, MBEX 2023 ini tak bakal sukses terlaksana,” ujarnya.

Ia berharap, dengan kegiatan ini, hubungan antara Malaysia dan Indonesia, khususnya Batam makin baik dan sama-sana bisa memaksimalkan potensi masing-masing wilayah.

“Kami bersyukur, ide ini disambut dengan baik. Sebelumnya kami berjumpa pak Ardiwinata, mewujudkan rangkaian perdagangan,” ujarnya.

“Tidak hanya tahun ini saja, program ini bisa jadi tahunan. Tahun ini kami membawa 50 pengusaha se-Malaysia,” katanya.

Zulfikri menekankan, bertempat di Batam Mega Mall pada tanggal 26 hingga 29 Januari 2023 dengan 50 syarikat dari Malaysia.

“Melalui ekspo ini, usahawan-usahawan Malaysia akan membuat kajian dan memahami kehendak penduduk Batam melalui produk mereka serta beliau memohon kerja sama pemerintah Batam membantu usahawan- usahawan Malaysia dalam pensijilan Badan Pengawas Obat Dan Makanan untuk produk- produk Malaysia mengeksport produk ke Batam nanti,” ujarnya.

Untuk diketahui, MBEX 2023 ini digelar 26-29 Januari 2023. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan bahwa kegiatan pameran ini menjadi momentum untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif dan pariwisata Malaysia dan Batam.

Ia mengatakan, Kegiatan seperti ini dinamakan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (Mice). Batam menjadi tempat berpromosi bagi daerah di Indonesia bahkan mancanegara.

“Semoga kerja sama yang disepakati ini terus berlanjut demi produk kreatif dan pariwisata antar Batam dan Malaysia,” ucapnya.

Ardi menyampaikan tahun 2023 pariwisata sudah bangkit kembali. Ini ditandai dengan ribuan wisatawan mancanegara (wisman) yang merayakan Imlek di Kota Batam.

Ardi juga mendorong pelaku pariwisata membuat kegiatan yang menarik untuk mendatangkan wisman ke Kota Batam. Baginya, kegiatan (event) kepariwisataan cara cepat untuk mendatangkan wisman dan meningkatkan lenght of stay (lama tinggal wisatawan).

“Berbagai event kedepannya akan digelar seperti Batam Wonderfood & Art Ramadhan. Kegiatan ini adalah agenda tahunan yang digelar Disbudpar,” terangnya.

Batam memiliki akses sangat baik. Wali Kota Batam yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mendedikasikan Kota Batam sebagai kota pariwisata. Itu bisa dilihat dari infrastruktur yang tengah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Selain itu Kota Batam mempunyai amenitas yang lengkap, seperti hotel, restoran, pusat perbelanjaan, dan ragam destinasi wisata. Kemudian Batam mempunyai ragam atraksi baik atraksi alam, budaya, dan buatan.

Mungkin Anda juga menyukai