Rudi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Hagia Sophia Emirates   Residence Tiban

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyambut baik rencana pembangunan Masjid Hagia Sophia di area yang bakal dibangun Emirates Residence Tiban Indah, Sekupang.

“Saya ucapkan terimakasih karena telah merencanakan pembangunan masjid ini,” kata Rudi saat peletakan batu pertama, Jumat (13/1/2023).

Diketahui, pembangunan masjid ini seriring rencana pembangunan Emirates Residence. Jadi pengembang menggunakan metode pembangunan masjid terlebih dahulu, sehingga yang memiliki unit di lokasi ini mendapat fasilitas tempat ibadah terlebih dahulu.

“Satu perumahan baru, metode mereka rumah ibadah duluan, sehingga siapa yang beli sudah ada tempat ibadah,” ucap Rudi.

Berangkat dari hal ini, ia berpesan kepada pengembang untuk memperhatikan dengan seksama hak masyarakat terkait fasum dan fasos.

Terkhusus perihal masjid, dengan metode ini, Rudi menyadari realisasi pembangunan masjid tersebut tentu saja bergantung perkembangan penjualan unit di area pengembangan pemukiman tersebut.

Ia tidak ingin rencana pembangunan masjid ini memiliki masalah dan pada akhirnya masyarakat yang dirugikan. Pada kesempatan ini, Rudi juga meminta kepada pengembang perihal rencana kontruksi masjid tersebut.

“Khusus masjid ini, kami akan pantau pengembangannya melalui Camat hingga Kantor Kemenag yang juga ada sini (Sekupang),” imbuhnya.

Selain menyambut baik rencana pembangunan masjid dan juga pengembangan pemukiman baru tersebut, Rudi yang juga Kepala BP Batam memaparkan berbagai lompatan yang dilakukan di Batam.

Dari pengembangan pelabuhan, bandara hingga melanjutkan pengembangan infrastruktur jalan. Semua ini dilakukan tanpa menganggu urusan yang berkaitan dengan masyarakat.

“Kalau Allah izinkan, seperti yang kita rencanakan ring road (Sekupang – Jodoh). Sekarang sedang ajukan ke KKP, kalau itu diizinkan maka nanti Sekupang ini menjadi Sekupang baru. Jadi tidak hanya Batam Kota Baru,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai