Tiga Bulan Lagi, Marlin Datang untuk Panen

Serahkan Bibit Cabe di Tiga Lokasi

πŒπ‚ 𝐏𝐞𝐦𝐀𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi menyebutkan akan hadir lagi tiga bulan mendatang untuk melakukan panen bersama cabe yang ditanam hari ini. Dengan perawatan yang baik, cabe-cabe ini diyakini akan memberikan hasil optimal.

β€œIni pemberdayaan yang nyata. Paling tidak kebutuhan salah satu bumbu dapur bisa terpenuhi secara mandiri, dan menghemat pengeluaran ibu-ibu,” kata Wagub Marlin saat menyerahkan bibit cabe di Tanjungpiayu, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, Jumat (9/12).

Sepanjang Jumat ini, Ketua TP PKK Kota Batam ini, memang berkunjung ke sejumlah lokasi untuk menyerahkan bibit cabe. Sebelum ke Tanjungpiayu, Marlin terlebih dahulu menyerahkan bibit cabe kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Allium, Griya Batu Aji Asri Tahap IV Kelurahan Sungai Langkai Kecamatan Sagulung.

Usai Jumat, Ketua PIKORI BP Batam ini kembali menyerahkan bibit cabe di Posyandu Taburosi, Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji. Memang sejak awal Desember ini, Marlin bergerak ke Galang, Sagulung dan daerah lainnya untuk menyerahkan bibit cabe.

β€œSemoga hasilnya bisa membantu ibu-ibu ke depannya,” kata Marlin.

Marlin berpesan kepada penerima bibit ini untuk memberi perawatan yang baik. Kadang, bibit seperti ini perlu β€œdimanja-manja” agar hasilnya sangat baik.

Agar memberi hasil maksimal, Marlin tak hanya menyerahkan bibit. Pupuk juga disertakan, sehingga cabe-cabe ini mendapat perlakuan terbaik.

Tak hanya memberi bibit, Marlin itu mendorong OPD terkait untuk melakukan pelatihan menanam cabe dan hal-hal terkait lainnya. Sehingga, mereka yang mendapat bibit, bisa mengoptimalkan semuanya.

Ke depan, pelatihan-pelatihan terhadap pemanfaatan lahan juga akan diperluas. Sehingga, masyarakat bisa memaksimalkan lahan yang ada dan melakukan berbagai teknik penanaman lainnya.

Ketua GOW Kota Batam ini menyampaikan bahwa tahun depan, Ramadhan pun tiba semakin cepat. Sekitar bulan Maret masyarakat muslim sudah melaksanakan ibadah puasa, yang kebutuhan akan cabe juga cukup tinggi. Sehingga sebaran bibit yang merata, diharapkan dapat memenuhi sedikit kebutuhan masyarakat.

β€œIkhtiar untuk menekan inflasi dan memenuhi kebutuhan rumah tangga,” kata perempuan kelahiran Karimun ini.

Mungkin Anda juga menyukai