𝗝𝗲𝗳𝗿𝗶𝗱𝗶𝗻 𝘀𝗮𝗺𝗯𝘂𝘁 𝗴𝗲𝗺𝗯𝗶𝗿𝗮 𝗥𝗮𝘁𝘂𝘀𝗮𝗻 𝗞𝗼𝗺𝘂𝗻𝗶𝘁𝗮𝘀 𝗗𝗮𝗵𝗼𝗻 𝗖𝗹𝗮𝘀𝗶𝗰 𝗡𝘂𝘀𝗮𝗻𝘁𝗮𝗿𝗮 𝗠𝗮𝗹𝗮𝘆𝘀𝗶𝗮 𝘀𝗲𝗿𝘁𝗮 𝗦𝗶𝗻𝗴𝗮𝗽𝘂𝗿𝗮 𝗚𝗼𝘄𝗲𝘀 𝗱𝗶 𝗕𝗮𝘁𝗮𝗺

𝐌𝐂 𝐏𝐞𝐦𝐤𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, melepas peserta Gowes Bareng di Dataran Engku Putri, Batamcentre, Minggu (6/11/2022).

Gowes Bareng diikuti 200 peserta yang merupakan pesepeda asal Malaysia, Singapura dan sejumlah daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Pontianak, Semarang, Bandung, Jogja, Surabaya.

“Terima kasih sudah hadir di Kota Batam,” kata Jefridin menyambut para peserta Gowes Bareng yang merupakan kegiatan Gathering Nasional ke-4 Dahon Classic Indonesia tersebut.

Ia menekankan, kegiatan ini dinilai penting untuk menjaga kebugaran. Selain itu, dengan bersepeda bersama akan mempererat jalinan silahturahmi.

“Alhamdulillah kagiatan ini juga menjadi sport tourism yang bisa mendatangkan peserta dari luar negeri,” ujarnya.

Menurutnya, dari pandemi kita banyak belajar, akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, yang berdampak terhadap imunitas tubuh.

“Dengan rutin berolahraga ringan seperti bersepeda, sangat baik, bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Jefridin yang juga hobi bersepeda menceritakan pengalaman selama bersepeda yang pernah menempuh jarak lebih kurang 126 kilometer dengan jalur yang ditempuh dari Tanjungpinang – keliling Dompak hingga Tanjunguban melewati jalur lama, itu merupakan rute sepeda terpanjang yang pernah diikutinya.

Kemudian rute kedua menempuh jarak lebih kurang 120 kilometer dari Pekanbaru melewati terowongan Jepang Bengkinang. Selama bersepeda Jefridin menggunakan jenis sepeda lipat seli.

Jefridin juga mengingatkan agar peserta gowest selalu berhati-hati selama perjalanan untuk menjaga keselamatan masing-masing. “Selalu tetap berhati-hati di jalan, jaga selalu stamina,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata menyampaikan, kegiatan ini sudah dimulai sejak Sabtu (5/11/2022) hingga hari ini.

“Para peserta sudah diajak welcome dinner sekaligus gathering seluruh peserta di museum, ada fun game, kompetisi sepeda dahon klasik, talkshow serta hiburan,” katanya.

Sebelum acara dinner, peserta luar negeri dan luar kota diajak city tour dipandu Direktur BTPB, Edi Sutrisno ke sejumlah iconic destination di Batam.

“Sport tourism Batam makin diminati, dan untuk pesepeda saat ini sudah nyaman karena Pak Wali sudah membangun jalan luas dan ada fasilitas atau jalur khusus pesepeda,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai