๐—•๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ถ๐˜๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—˜๐—ธ๐—ผ๐—ป๐—ผ๐—บ๐—ถ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ป๐—ฐ๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ฒ๐—บ๐—ถ, ๐—๐—ฒ๐—ณ๐—ฟ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ป: ๐—œ๐—ป๐—ณ๐—ฟ๐—ฎ๐˜€๐˜๐—ฟ๐˜‚๐—ธ๐˜๐˜‚๐—ฟ ๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ป๐—ด ๐—ฆ๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ๐—ต ๐——๐—ถ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐˜‚๐—ป ๐—ฃ๐—ฎ๐—ธ ๐—ช๐—ฎ๐—น๐—ถ ๐—ž๐—ผ๐˜๐—ฎ

๐Œ๐‚ ๐๐ž๐ฆ๐ค๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, Mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, membuka secara resmi Talk Show yang mengusung Tema โ€œPertumbuhan Ekonomi Kota Batam Pasca Pandemiโ€ Tahun 2022โ€.

Kegiatan itu dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemko) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Batam menggelar Talshow di Hotel Haris Batam Center, Selasa (25/10/2022).

Sebagai pemateri, yakni Ketua DPD REI Kota Batam Ir. Achyar Arfan, MM, MBA dan Direktur PTSP Batam Ir. HARLAS BUANA, M.Si.

Pada kesempatan itu, Jefridin mengatakan bahwa Kota Batam sekarang sedang memasuki kebangkitan setelah mengalami terpaan badai pandemi Covid-19.

Demi mewujudkan Kota Batam yang semakin maju dan berdaya saing, kata dia, Badan Penguasahaan (BP) Batam dan Pemko Batam melakukan akselerasi pembangunan.

โ€œKita terus berusaha mengupayakan roda ekonomi Batam terus berputar kencang. pembangunan infrastruktur pendukung pergerakan orang dan barang terus dikerjakan, investasi dan program kerja mendukung kesehatan serta kesejahteraan masyarakat juga terus ditingkatan,โ€ katanya.

Kemudian, perkembangan pesat yang ditunjukkan oleh Batam dapat dilihat dari pertumbuhan nilai ekspor pada bulan Agustus 2022, nilai ekspor Kota Batam mencapai USD1.965,92 Juta atau naik sebesar 53,62 persen dibanding bulan Juli 2022.

Kunjungan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kota Batam selama bulan Agustus 2022 mengalami lonjakan. Tercatat 60.249 kunjungan wisman dengan kenaikan sebesar 36.414,5 persen terhadap bulan Agustus Tahun 2021.

Jefridin juga menjelaskan penyumbang terbesar Pajak Daerah yaitu dari sektor BPHTB sebesar Rp270,3 M serta dibarengi PBB-P2 sebesar Rp199,3 M.

Ke depannya, peluang investasi di Batam masih sangat terbuka lebar. Beberapa negara pun telah menjajaki kerja sama investasi. Salah satu bidang investasi yang masih menjadi andalan adalah maritim.

Kawasan Batam New Port, Tanjung Pinggir, dan Sekupang akan dikembangkan menjadi pelabuhan yang mampu memenuhi kebutuhan investor dengan skema Business to Business (B2B) serta Konsep Green and Smart Port.

โ€œEkonomi Kota Batam saat ini sudah mulai menggeliat, dan tentunya kita berharap keadaan semakin baik sehingga perekonomian, pembangunan dan kegiatan masyarakat dapat berjalan normal seperti semula, serta pemanfaatan peluang yang diberikan pemerintah daerah, demi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Kota Batam terus meningkatโ€ jelasnya.

Atas nama Pemko Batam, Jefridin memberikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Kota Batam dan khususnya seluruh peserta talk show yang telah turut membantu menyukseskan pembangunan Kota Batam dan dalam diskusi ini kiranya dapat merumuskan analisa tentang laju pertumbuhan ekonomi dari sektor lapangan usaha yang memiliki peran dan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Batam.

“Besar harapan saya dengan semakin meningkatnya pemahaman dan wawasan kita dalam pengembangan investasi dan optimalisasi pajak daerah, saya berharap ekonomi Batam dapat bergerak dan akan memberikan pengaruh yang besar terhadap proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Batam,โ€ tutupnya.

Mungkin Anda juga menyukai