Peringatan Hari Pramuka di Belakangpadang, Jefridin Ajak Anggota Tak Henti Menagbdi Untuk Sesama dan Bangsa

𝐌𝐞𝐝𝐒𝐚 π‚πžπ§π­πžπ« 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid hadir dalam upacara Hari Pramuka ke-61 Tingkat Kecamatan Belakangpadang di Gedung Indra Sakti Belakangpadang, Minggu (14/8).

Berlangsung khidmat, acara ini juga diseiringkan dengan pelantikan Pramuka Garuda dan tabur Bunga di Makam para pendahulu Pramuka.

Di depan anggota Pramuka, Jefridin membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional, Budi Waseso dalam rangka Hari Pramuka ke-61. Seperti diketahui, hari ini segenap anggota gerakan pramuka Indonesia bersuka cita karena organisasi kepanduan ini telah berusia 61 tahun.

Selain itu, tahun ini sekaligus 110 tahun memperingati keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

“Untuk itu, kita mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,” kata Jefridin yang merupakan Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kota Batam.

Adapun tema Hari Pramuka tahun ini yakni “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Lanjut dia, pengabdian anggota pramuka selama ini merupakan bagian dari pendidikan di dalam pramuka sejak usia pramuka siaga yang dididik memberikan perhatian terhadap sesama.

“Semua bentuk pengabdian kita sesuai dengan kode kehormatan kita yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma. Diwujudkan dengan saling menolong dengan semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan golongan,” imbuhnya.

Salah satu peran pramuka yang begitu lekat dalam ingatan baru-baru ini adalah aktif dalam pencegahan Pandemi Covid-19. Di Batam sendiri, Kwarcab Kota Batam kerap menggerakkan seluruh unsur Pramuka untuk andil dalam kegiatan tersebut.

“Terimakasih atas peran semua pihak yang terlibat dalam membantu menanggulangi pendemi Covid-19, antara lain melalui gerakan disiplin nasional dengan mematuhi protokol kesehatan serta gerakan kepedulian nasional,” ujarnya.

Selain itu, Jefridin juga mengabarkan, perihal penyelenggaraan Jambore Nasional XI tahun 2022 yang dilaksanakan di Cibubur dari tanggal 14 sampai 21 Agustus 2022. Diikuti oleh kontingen seluruh Indonesia, Jamnas tersebut diselenggarakn dengan tema: Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi.

Acara ini juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan nasional lainnya. Seperti, perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara nasional di Sumatera Selatan. Perkemahan antar satuan tingkat nasional di Bangka Belitung dan perkemahan bela negara di Bengkulu.

Mungkin Anda juga menyukai