Rudi Resmikan Gedung Baru Puskesmas Tanjungsengkuang

Media Center Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, meresmikan gedung baru Puskesmas Tanjungsengkuang, Batuampar, Senin (25/1/2021). Gedung tersebut menghabiskan anggaran Rp7 miliar lebih bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020.

Rudi mengatakan, dengan berdirinya gedung megah tersebut, harus diiringi pelayanan maksimal. Ia berpesan kepada dokter dan perawat dapat memberikan pelayanan prima sehingga masyarakat datang untuk berobat bisa sembuh dan puas.

“Dengan gedung bagus ini, maka masyarakat akan nyaman. Tak hanya gedung, halaman dan sebagainya juga harus ditata seindah mungkin,” ujar Rudi.

Rudi bahkan menargetkan, UPT Puskesmas Tanjungsengkuang harus menata bagian parkir hingga taman dalam kurun waktu enam bulan ke depan. Ia ingin pagar dibangun indah dan dilengkapi taman dan pohon agar keberadaan gedung dua tingkat itu makin enak dipandang.

“Enam bulan ke depan saya akan datang lagi, dan ingin melihat semuanya sudah tertata rapi dan hijau,” ujar Wali Kota.

Selain itu, Rudi menargetkan keberadaan Puskesmas dengan wajah baru tersebut bisa digadang menjadi rumah sakit tipe D. Namun, untuk menuju ke sana, perlu persiapan matang dan perlu mencari lahan untuk membangun Puskesmas baru.

“Semua ini kita bangun agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat terpenuhi. Dan satu pinta saya, layani masyarakat dengan baik,” kata Rudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, menyampaikan untuk Puskesmas Tanjungsengkuang direvitalisasi menjadi dua lantai. Ia mengaku, revitalisasi gedung tersebut menyesuaikan fasilitas dan perlengkapan yang sudah bagus.

“Selama ini pelayanan dan fasilitas kesehatan sudah memadai sehingga gedung pun harus menyesuaikan agar lebih sempurna,” ujarnya.

Untuk anggaran, pembangunan Puskesmas Tanjungsengkuang bersumber DAK Rp7 miliar lebih. Ia mengaku, dengan gedung sebesar itu sudah memenuhi pelayanan bagi masyarakat di sekitar yang berkisaran 80 ribu warga.

“Saat ini Puskesmas Tanjungsengkuang dilayani 12 dokter dan itu sudah sangat memadai,” katanya.

Di lokasi sama, Tokoh Masyarakat Batuampar, Mudin Liwang, mengapresiasi langkah Wali Kota Batam. Ia berharap dengan adanya gedung baru tersebut, membawa berkah bagi masyarakat Batuampar.

“Terima kasih sebesarnya kepada Wali Kota yang sudah membangun Batuampar dengan baik. Kami tahu perjuangan Pak Wali, dalam hal ini sangat luar biasa,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai