Amsakar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Batuaji

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, menyerahkan langsung bantuan bahan pokok kepada warga korban banjir di Kampung Bunguran, Buliang, Batuaji, Sabtu (2/1/2021). Di lokasi evakuasi, Posyandu Sakinah, pemerintah juga membangun dapur umum dan fasilitas umum lainnya.

“Sedikitnya 45 KK (Kepala Keluarga), atau 150 jiwa yang terdampak banjir ini,” ujar Amsakar.

Kedatangan Amsakar disambut antusias oleh warga. Ketua Pengentasan Kemiskinan Kota Batam itu pun langsung mencari solusi agar banjir serupa tidak terulang di kemudian hari.

“Besok kita datangkan alat berat mengeruk aliran sungai yang ada agar tidak meluap lagi,” ujarnya.

Amsakar mengatakan, sebelumnya pemerintah sudah menormalisasi sungai yang ada sebanyak tiga kali. Namun, masih ada lokasi yang banjir diakibatkan tidak ada jalur air menuju sungai yang ada di lokasi tersebut.

“Kita coba bikin saluran pintas agar air bisa mengalir ke sungai,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Amsakar juga berbincang langsung dengan korban. Ia memastikan kebutuhan sehari-hari warga dapat terpenuhi. Untuk saat ini sudah dibangun dapur umum, mandi cuci kakus (MCK), dan sebagainya.

“Kita juga koordinasikan dengan Camat dan RT, apa yang dibutuhkan warga,” kata dia.

Di lokasi sama, salah seorang warga, Boru Sibarani, mengapresiasi langkah cepat pemerintah. Ia mengaku senang dengan kepedulian pemerintah terhadap warganya. Ia pun meminta bantuan agar solusi dari pemerintah benar-benar dapat bermanfaat dan banjir serupa tak terulang lagi.

“Kunjungan Pak Wawa jadi penyemangat. Kami mohon supaya ada jalan keluar bagi kampung kami agar tidak lagi banjir,” katanya.

Sementara Camat Batuaji, Ridwan meminta masyarakat tenang. Ia menyampaikan, saat ini Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, sedang fokus menangani warga yang terdampak bencana se-Kota Batam.

“Alhamdulillah Pak Wawa menyempatkan mengunjungi kita (warga Batuaji) setelah beliau mengunjungi warga yang terdampak bencana di Batumerah, Batuampar,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai