Tingkatkan Kualitas Pengajaran, 20 Guru PAUD Ikut Pelatihan Bahasa Inggris

Media Center Batam – Tak menunggu lama, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi memenuhi janjinya. Sepekan lalu ia mengatakan akan mengadakan pelatihan Bahasa Inggris bagi guru-guru TK dan PAUD. Hari ini, Senin (14/9), pelatihan tersebut dimulai.

Pelatihan Bahasa Inggris bagi guru TK dan PAUD ini digelar di Lembaga Kursus dan Pelatihan Lentera Cendekia Cemerlang (LKP LCC) di Sekupang. Peserta berjumlah 20 orang yang merupakan guru TK negeri, TK satu atap, dan Pos PAUD di Kota Batam.

“Saat saya turun ke TK-TK dan PAUD, ada beberapa guru yang minta pelatihan Bahasa Inggris. Lalu saya bilang ke Bu Anisah (Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Batam), bisa tidak kita lakukan. Bu Anisah bilang bisa, langsung kita lakukan,” papar Marlin saat membuka pelatihan.

Menurutnya pelatihan ini merupakan tahap pertama. Ke depan akan dilakukan pelatihan-pelatihan serupa guna meningkatkan kapasitas guru TK dan PAUD.

“Ini akan berkepanjangan. Tidak sekali ini saja tapi akan berlanjut lagi. Mungkin dengan jumlah lebih banyak. Dan orang-orang baru lagi. Sehingga ada jenjangnya,” kata dia.

Marlin mengatakan kemampuan berbahasa Inggris ini penting bagi masyarakat Batam. Termasuk para guru khususnya guru PAUD yang mendidik anak di usia dini.

“Bahasa Inggris ini penting sekali, karena kita diapit dua negara yang luar biasa, dan mereka menggunakan bahasa Inggris. Maka kita juga harus bisa. Saya yakin ibu-ibu sudah bisa bahasa Inggris, tinggal dipoles saja, dibiasakan conversation (percakapannya). Karena bahasa ini yang penting sering kita gunakan,” tuturnya.

Ia berharap para peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik. Karena akan berlangsung selama satu bulan, dan waktunya penuh dari pagi hingga sore hari, Marlin berharap para guru serius mengikutinya.

“Jangan ada yang kabur-kabur ya Ibu-ibu. Dan jangan lupa izin sama kepala sekolahnya. Pesan saya teruslah tingkatkan kualitas diri kita. Supaya bisa kita mendidik anak dengan baik. Tantangan anak kita ke depan luar biasa. Maka harus disiapkan. Bagaimana kita menyiapkannya? Kita mulai dengan menyiapkan guru-gurunya,” pesan istri Wali Kota Batam, Muhammad Rudi tersebut.

Sedangkan kepada narasumber, Marlin berharap dapat mencurahkan ilmu yang dipunya sepenuhnya. Karena pelatihan ini tahap awal, ia berharap materinya tak perlu yang terlalu berat. Mungkin bisa dimulai dengan pengenalan kata benda, yang biasa diajarkan pada anak-anak TK dan PAUD.

“Tidak perlu yang begitu berat. Awalnya mungkin mengenal kata-kata dulu sehingga bisa kita mengajarkan ke anak kita. Setidaknya pengucapan katanya kita tahu,” ujarnya.

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Batam, Anisah selaku Ketua Panitia mengatakan pelatihan ini merupakan program bersama antara Bunda PAUD dengan Dinas Pendidikan Batam. Pelatihan akan berlangsung selama 30 hari dengan menghadirkan dua orang narasumber.

“Peserta kita sebanyak 20 orang, terdiri dari guru TK negeri, TK satu atap, dan Pos PAUD. Dan pesertanya ada yang dari pulau juga. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Dewiyana dan Sulastri,” lapor Anisah.

Mungkin Anda juga menyukai