Dirgahayu Pramuka, Bantu Penanggulangan Covid-19 dan Bela Negara

Media Center Batam – Upacara peringatan ke-59 Hari Praja Muda Karana (Pramuka) tingkat Kota Batam digelar di Dataran Engku Putri, Selasa (18/8). Tema Hari Pramuka tahun ini adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi selaku pembina upacara membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Dalam pesannya gerakan Pramuka di seluruh kwartir diharapkan membantu pemerintah daerah mengendalikan Covid-19, serta membantu warga yang terdampak virus tersebut.

“Penanggulangan Covid-19 dan Bela Negara juga menjadi tema utama seluruh aktivitas kegiatan gerakan Pramuka tahun 2020,” kata Rudi.

Dijelaskannya bahwa tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para Pramuka untuk ikut membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana non alam tersebut. Dimana Covid-19 sampai saat ini masih menjadi masalah yang besar bagi Indonesia, bahkan juga negara-negara di seluruh dunia.

Seluruh anggota pramuka diharapkan bisa terus menunjukkan kepedulian terhadap penanganan Covid-19, sebagai perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat wabah tersebut. Setiap kegiatan sosial juga diharapkan menerapkan protokol kesehatan yang dibutuhkan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Hal tersebut sejalan dengan kode kehormatan Gerakan Pramuka berupa Dwi Satya dan Tri Satya serta Dwi Darma maupun Darma Pramuka,” katanya.

Kegiatan penanggulangan wabah penyakit tersebut merupakan bukti eksistensi bahwa Gerakan Pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara.

Selain itu pihaknya juga berharap rencana revisi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dapat terus dilanjutkan oleh DPR dan pemerintah. Undang-undang hasil revisi tersebut diharapkan dapat menangkap kebutuhan masa kini dan masa depan.

“Yang pada akhirnya mampu menjadikan Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang lebih mandiri dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” katannya.

Upacara peringatan ke-59 Pramuka sendiri berjalan dengan khidmat. Seluruh petugas dan peserta upacara serta tamu undangan terlihat melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Seluruhnya menggunakan masker dan menjaga jarak aman Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Batam yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Batam Amsakar Achmad Batam. Kemudian juga Sekda Kota Batam yang juga Ketua Harian Kwartir Cabang Pramuka Batam Jefridin.

Selain itu juga terlihat mendampingi, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam Marlin Agustina Rudi. Serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Batam dan juga sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemko Batam.

Mungkin Anda juga menyukai