Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Rudi Dongkrak Potensi Pariwisata

Media Center Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, terus mendongkrak potensi pariwisata di wilayahnya. Ia memprediksi, walau masih tumbuh melambat akibat pandemi Covid-19, ia optimistis di tahun 2021 kembali normal.

“Potensi pariwisata akan tumbuh jika wisman (wisatawan mancanegara) membuka akses masuk ke Kota Batam,” kata Rudi, Rabu (15/7/2020).

Ia mengatakan, sektor ini dinilai penting karena mampu menggerakkan perekonomian Batam. Sebelumnya, Rudi juga sudah menyurati pemerintah Singapura terakit hal ini. Ia berharap, dengan semua akses dibuka nantinya sektor pariwisata kembali menggeliat.

Selain sektor pariwisata, kata Rudi, yang memiliki peran penting lainnya yakni industri, konstruksi, dan perdagangan. Ia memprediksi semua akan kembali normal di 2021. Dengan semua tumbuh kembali seperti biasa, maka, pertumbuhan ekonomi Kota Batam Tahun 2021 diperkirakan  sebesar 51-55 persen.

 “Angka ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar 2,4-2,8 persen,” ujarnya.

Dengan perkiraan tumbuhnya ekonomi Batam, maka, inflasi Kota Batam 2021 juga diperkirakan akan meningkat sebesar 3-4 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar 1,5 persen. Peningkatan inflasi ini karena adanya recovery ekonomi sehingga daya beli masyarakat meningkat dari tahun sebelumnya.

“Selain kita fokus penanganan Covid-19, kita juga berupaya membangkitkan kembali perekonomian Batam,” kata Rudi.

Dengan begitu, kata dia, kesehatan masyarakat tetap terjaga dan pendapatan pun kembali normal. Ia mengatakan, akibat pandemi ini, tak hanya masyarakat dan pengusaha saja terdampak. Bahkan, pendapatan daerah pun terimbas.

“Mari sama-sama kita bangkitkan lagi perekonomian kita. Kita tentu berharap wabah Covid-19 ini segera sirna,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai