Voice Announver Dishub Rajin Ingatkan Pengendara Tertib Berlalu Lintas

Media Center Batam – “Adik sekolah, yang tidak pakai helm, turun dari motor dik. Panas dik, panas. Yang bonceng tiga, turunkan dua-duanya”. Kalimat ini terdengar dari voice announcer yang ada di simpang Seraya.

Tak hanya menyuruh turun penumpang yang tak kenakan helm, suara perempuan tersebut juga rutin mengingatkan para pengendara untuk taati aturan berlalu lintas.

“Dinas Perhubungan Kota Batam mengimbau seluruh pengguna kendaraan agar tetap tertib, disiplin berlalu lintas, dengan mematuhi rambu-rambu dan marka jalan,” sambung sumber suara yang sama.

Orang yang memberi peringatan ini tidaklah berada di lokasi kejadian. Namun ia memantau dari ruang kontrol yang lokasinya berkilo-kilometer dari simpang tersebut. Tepatnya di Kantor Dinas Perhubungan Kota Batam.

Di ruang kontrol, tampak beberapa petugas. Setiap orang duduk menghadap layar komputer. Tampilan layar terbagi menjadi empat petak. Tiap petak menunjukkan gambaran lokasi simpang yang berbeda.

“Voice announcer ini merupakan layanan kita yang berguna untuk menegur pelanggar lalu lintas. Sistemnya terintegrasi dengan area traffic control system (ATCS),” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi.

Menurutnya ada 10 lokasi ATCS yang telah dilengkapi dengan voice announcer. Yaitu Simpang Martabak Har Nagoya, lampu merah Sekolah Tinggi Ibnu Sina di Lubukbaja, Simpang Seraya Atas, lampu merah Masjid Agung, simpang Poltek, Kara, KDA di Batam Centre, Simpang Kabil, Simpang Panbil Mukakuning, dan Simpang Basecamp.

Rustam berharap meski tidak ada ATCS dan voice announcer, seluruh pengguna jalan di Kota Batam bisa tertib dan disiplin berlalu lintas. Warga Batam harus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Mungkin Anda juga menyukai