Sekda Instruksikan Satpol PP Terus Edukasi Warga

Media Center Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, menginstruksikan semua personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk terus mengedukasi warga di tengah pandemi Covid-19 ini. Hal tersebut ia sampaikan saat memimpin apel gabungan Satpol PP Kota Batam di Dataran Engku Putri, Kamis (2/7/2020).

Jefridin mengatakan, persoalan wabah Covid-19 di Batam, belum tuntas. Meskipun sudah banyak warga yang sembuh, namun masih ada risiko warga yang terjangkit. Oleh karena itu, perlu kerja keras lagi untuk menjaga dan mengingatkan warga tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Hampir empat bulan kita sudah bekerja keras bersama menangani dan mengendalikan Covid-19 ini. Alhamdulillah hasilnya dinilai baik, karena banyak pasien yang sembuh,” ujarnya.

Namun, Jefridin meminta semua pihak tak berpuas diri, pasalnya tugas untuk mengedukasi warga tetap harus dilaksanakan sebagai upaya melayani warga dalam menjaga kesehatan bersama. “Terima kasih sudah melaksanakan tugas dengan baik, tugas berat ini sudah kita lakukan sejak 16 Maret lalu,” kata dia.

Ia mengaku, pelayanan pemerintah di sektor keamanan ini diminta terus berlanjut. Artinya, Satpol PP tetap diminta berpatroli mengedukasi warga meskipun saat ini kegiatan patroli sudah dilonggarkan. “Saya berpesan, tegur dan edukasi warga dengan cara baik, jangan sampai terkesan arogan. Tugas kita ini berat, karena kita melayani masyarakat yang beragam tabiatnya,” katanya.

Ia tak ingin, keberadaan Satpol PP justru menjadi sumber perpecahan di tengah masyarakat. Ia menegaskan, Satpol PP adalah pemersatu bangsa. “Kalau ada persoalan, kita harus memposisikan diri di tengah-tengah. Kita yang meluruskan jika ada persoalan,” kata Jefridin.

Ia berharap, dengan rutin berpatroli, masyarakat makin sadar pentinya menjaga diri di tengah pandemi ini. Tidak banyak, kata dia, hanya menerapkan protokol kesehatan selama vaksin Covid-19 belum ditemukan.

“Tetap pakai masker, mejaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta rutin berolahraga. Ini kebiasaan baru kita di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai