Renovasi Awal Masjid Agung Batam Center Dilanjutkan

Media Center Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam memastikan akan tetap melanjutkan renovasi Masjid Agung Batam Center. Namun, untuk tahun ini rencananya hanya bagian lantai dasar yang akan dilakukan perubahan denah ruangan.

“Kalau dilanjutkan (renovasi) tetap akan dimulai tahun ini, tapi ada perubahan anggaran dari perencanaan awal,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang(CKTR) Batam Suhar, Selasa (30/6).

Dijelaskannya bahwa Pemko Batam bersama DPRD Kota Batam sebelumnya sepakat menganggarkan revitalisasi masjid Agung Batam sekitar Rp170 miliar multi years atau selama tiga tahun. Yakni dimulai tahun 2019, 2020 dan 2021.

Namun pada tahun 2019 terjadi defisit anggaran, sehingga renovasi direncanakan pada tahun berikutnya. Awal tahun 2020 Pemko Batam membuka tender dan lelang secara terbuka untuk pekerjaan proyek revitalisasi masjid Agung tersebut.

“Target awal sebenarnya Maret sudah ada pemenangnya, sehingga April dimulai pekerjaan. Tapi kita ketahui bersama bahwa dibulan tersebut terjadi pandemi Covid-19 hingga saat ini,” katanya.

Sehingga berdampak terhadap mundurnya proses verifikasi pemenang tender hingga pertengahan tahun. Dengan sisa waktu yang ada tentunya tidak memungkinkan proyek tersebut bisa selesai tepat waktu.

“Sekarang sudah Juni, kalau dipaksakan tidak akan selesai sampai akhir tahun ini. Karena itu ada perubahan anggaran,” jelasnya.

Suhar mengatakan tahun ini pihaknya hanya akan melakukan revitalisasi di lantai dasar Masjid Agung Batam Center. Tahap awal tersebut anggaran yang digunakan diperkirakan hanya Rp 5 miliar.

“Pak Wali Kota (Muhammad Rudi) semangatnya tetap ini dilanjutkan sesuai rencana, tapi waktu tidak memungkinkan. Sehingga direncanakan pembangunan tahap selanjutnya dilakukan 2021 mendatang,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai