Dengan APD Lengkap, Tim RSUD Bantu Kelahiran Bayi dari Ibu PDP

Media Center Batam – Tangis bayi terdengar dari ruang operasi RSUD Embung Fatimah, Kamis (30/4) sore sekira pukul 15.35 WIB. Bayi laki-laki ini lahir dengan berat 3.000 gram dari ibu berinisial K.

Proses lahiran berlangsung dengan bedah caesar. Sedikit berbeda dengan operasi lainnya, tim dokter dan tenaga medis pada proses caesar kali ini mengenakan alat pelindung diri lengkap. Yaitu coverall gown atau hazmat, masker, sarung tangan atau handscoon, goggles, hingga face shield.

Perlakuan khusus ini dibuat karena ibu bayi tersebut merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) corona virus disease (Covid-19). Ia dirawat dalam kondisi hamil di RSUD Embung Fatimah karena memiliki gejala mirip penyakit yang sedang menjadi pandemi tersebut.

“Alhamdulillah kondisi bayi dan ibunya sampai saat ini stabil,” kata Ditektur RSUD Embung Fatimah, Ani Dewiyana, Sabtu (2/5).

Bayi ini begitu dilahirkan langsung dirawat secara terpisah di ruang isolasi perinatal. Meski kondisinya normal dan tidak menunjukkan gejala Covid-19.

“Sekarang kita masih menunggu hasil pemeriksaan swab ibunya. Kita doakan semoga hasilnya negatif,” tutur Ani.

Mungkin Anda juga menyukai