Gugus Tugas Pastikan Masjid Sultan Bersih untuk Dikunjungi Jamaah

Media Center Batam – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Batam, Amsakar Achmad kembali turun ke berbagai lokasi untuk memastikan sarana umum telah dibersihkan. Pada Rabu (18/3) pagi, Amsakar bersama rombongan langsung meluncur ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Tanjunguncang.

Di masjid yang baru diresmikan tahun lalu tersebut Amsakar mengecek setiap sudut ruangan. Mulai dari pintu masuk, selasar, ruang salat utama, ruang imam, ruang rapat, hingga ruang zakat.

“Kita turun untuk memastikan kebersihannya. Dari ruang salat, ruang aktivitas publik, sudah kami lihat semua. Pengurus sudah melakukan pembersihan dengan disinfektan juga,” kata Wakil Wali Kota Batam ini.

Sejalan dengan Surat Edaran Wali Kota Batam, pengurus Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah juga sudah menggulung sajadah sejak beberapa hari lalu. Sampai batas waktu yang belum ditentukan, alas salat berupa karpet panjang ini tidak digunakan.

“Daripada setiap hari dibersihkan, disemprot, lebih bagus untuk sementara waktu digulung sampai keadaan normal kembali. Tapi untuk lantai tempat salatnya tiap pagi akan dibersihkan. Jadi jemaah tak perlu khawatir juga,” ujarnya.

Amsakar juga turun untuk memastikan tersedianya cairan sanitasi tangan (hand sanitizer). Dari peninjauan tersebut, tampak pengurus telah menyiapkan botol berisi hand sanitizer di beberapa lokasi. Seperti tempat penitipan barang dan di tiap titik masuk ke ruang salat utama.

“Saya kira standar untuk pencegahan dini sudah dilakukan di masjid ini,” kata dia.

Informasi mengenai upaya pencegahan penyebaran virus corona ini juga telah disampaikan ke seluruh rumah ibadah. Untuk gereja, fokus pembersihan adalah kursi dan sandaran tangan di kursi.

Pada kesempatan tersebut, Amsakar juga menegaskan bahwa rumah ibadah belum jadi zona tertutup bagi jemaah.

Hal ini ditegaskan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat meninjau pembersihan di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

“Masjid belum ditutup. Semua rumah ibadah belum sampai tahap harus kita tutup,” ujarnya.

Amsakar juga meminta pengurus Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah agar tetap melaksanakan ibadah seperti biasa. Baik itu salat lima waktu maupun salat Jumat nanti.

“Salat Jumat kalau saya berpendapat harus tetap dilaksanakan. Kalau masjid sudah bersih, kita sudah wudhu sudah bersih, tak usah risau. Yang penting bagaimana kita menjaga kebersihan,” tuturnya.

Mungkin Anda juga menyukai