Ribuan Santri Ikuti Munaqosah Akbar 2020

Media Center Batam – Ribuan santri di 12 kecamatan mengikuti Munaqosah Akbar. Kegiatan ini dilaksanakan di 46 titik yang tersebar di Kota Batam, Minggu (16/2).

“Munaqosah tahun ini diikuti sekitar 12 ribu santri TPQ (Taman Pendidikan Quran) dan TQA (Ta’limul Qur’an lil Aulad) se-Kota Batam. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Karena anak-anak SD yang akan masuk SMP harus memiliki sertifikat lulus baca tulis Al-Quran,” kata Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Riama Manurung.

TQA adalah jenjang pendidikan dan pengajaran Alquran setingkat SMP, guna mendidik santri agar mampu mengerti dan memahami Al-Quran. Serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pelaksanaan munaqosah ini sejalan dengan Perwako nomor 56 tahun 2014 tentang Pedoman Pemenuhan sertifikasi baca tulis Al-Quran dan paham dasar agama bagi peserta didik tingkat SD dan menengah.

“Munaqosah Akbar ini dilaksanakan oleh Badan Musyawarah Guru Al-Quran Kota dan Kecamatan, bersama Kesra dan Kantor Kementerian Agama serta Dinas Pendidikan Kota Batam,” ujarnya.

Munaqosah ini juga sekaligus sebagai evaluasi untuk semua TPQ yang ada di setiap kecamatan, untuk melihat sampai sejauh mana kualitas dari sistem pembelajaran Al-Quran di Kota Batam.

”Melalui kegiatan ini diharapkan terbentuk masyarakat madani yang religius, bertamaddun, dan memiliki sikap agamis di kesehariannya,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai