Rudi : Kuliner Belakangpadang Harus Digaungkan untuk Wisata

Media Center Batam – Keragaman masakan melayu yang disajikan masyarakat Belakangpadang dapat memacu wisata di Pulau Penawar Rindu. Namun wisata kuliner ini perlu digaungkan supaya lebih banyak wisatawan yang mengetahui dan ingin berkunjung.

“Cendol Belakangpadang enak. Ada prata juga. Tapi banyak juga wisatawan belum tahu, sehingga perlu digaungkan. Jadi wisatawan kalau ke Batam, ingin singgah ke Belakangpadang juga,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dalam musrenbang Kelurahan Tanjungsari dan Sekanak Raya, Kamis (30/1).

Masyarakat Belakangpadang harus berinovasi terutama dalam hal pelayanan pariwisata. Berbagai hal perlu dikembangkan supaya wisatawan senang saat lakukan kunjungan.

“Hal-hal yang menarik ini harus Bapak Ibu ciptakan. Buat mereka rindu masakan Belakangpadang. Supaya salah satu alasan datang ke sini berwisata, mencari kulinernya,” kata dia.

Rudi mengatakan pengembangan pariwisata ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, karen memiliki multiplier effect terhadap banyak sektor, termasuk UKM salah satunya dibidang kuliner.

Untuk memberikan akses kepada wisatawan yang lebih baik, pemerintah dapat membantu melalui penyiapan infrastruktur. Seperti yang akan dilakukan 2020 ini, yaitu pelebaran beberapa jalan utama di Pulau Belakangpadang. salah satunya yakni dari depan pelabuhan sampai ke Gedung Nasional.

“Tahun ini akan dilaksanakan pelebaran jalan di depan Gedung Nasional sepanjang 200 meter. Kita harap 2021 bisa 200 meter lagi. Sehingga suatu waktu akan sampai ke ujung. Supaya indah jalan Belakangpadang ini,” sebut Rudi.

Selain jalan, transportasi laut menuju Belakangpadang juga perlu dibenahi. Kapal penumpang harus disiapkan yang aman dan nyaman.

Sementara itu, Camat Belakangpadang Yudi Admaji menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Batam pada tahun 2020, baik program percepatan infrastruktur kelurahan (PIK) maupun yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD). Total ada 28 kegiatan yang dilakukan OPD di Kecamatan Belakangpadang pada 2020 ini.

“Tahun ini ada pelebaran jalan depan pelabuhan sampai ke simpang menuju Sekanak Raya, pembangunan gedung serbaguna di Sekanak Raya, dan atap pelabuhan Pulau Lengkang dan Sarang,” kata Yudi.

Sedangkan tahun 2019 yang sudah selesai yaitu pembangunan pelabuhan di Sekanak Raya. Kemudian jalan baru dari Kampung Baru sampai ke Simpang Sekanak Raya.

“Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi masyarakat Belakangpadang,” pungkasnya

Mungkin Anda juga menyukai