Buka Musrenbang Kelurahan Sei Panas, Amsakar Ajak Masyarakat Sepakati Prioritas Usulan

Media Center Batam – Kelurahan Sei Panas Kecamatan Batam Kota mengusulkan 31 kegiatan untuk tahun 2021. Terdiri dari 21 kegiatan percepatan infrastruktur kelurahan (PIK) dan 10 non PIK.

“PIK didominasi kegiatan semenisasi jalan lingkungan serta pembangunan drainase U30 dan U40 perumahan di Sei Panas,” kata Lurah Sei Panas, Tommy Amri saat musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) di Kantor Lurah Sei Panas, Senin (27/1).

Sedangkan kegiatan non PIK yang diusulkan antara lain penambahan ruang aula dan semenisasi lapangan di SMP Negeri 6 serta pembangunan pagar di SD Negeri 001 Batam Kota.

Masyarakat Sei Panas juga meminta pembangunan halte di lingkungannya, serta penambahan rute Trans Batam untuk Sei Panas-Bengkong.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan mengingat terbatasnya anggaran pemerintah daerah, maka tidak semua usulan masyarakat bisa langsung diakomodir. Perlu dipilah berdasarkan skala prioritas.

“Karena itu saya minta kepada Bapak Ibu, agar betul-betul mendiskusikan usulan itu dengan hati. Misal di sana kemaslahatannya lebih besar, yang di sini kecil saja, maka mengalahlah,” kata Amsakar.

Hal-hal seperti inilah yang dibahas di musrenbang setelah pendataan usulan dilakukan di pramusrenbang. Setelah melalui diskusi, maka akan terpilih beberapa program prioritas kelurahan. Nantinya prioritas ini yang akan diajukan ke musrenbang tingkat kecamatan. Begitu selanjutnya sampai ke tingkat kota. Sedangkan untuk kegiatan yang merupakan kewenangan provinsi dan pusat, dapat diajukan ke tingkat provinsi dan nasional.

“2021, estimasi kita APBD tembus di angka sekitar Rp3 triliun. Dari Rp3 triliun itu 30 persen untuk infrastruktur, 20 persen pendidikan, 10 persen kesehatan. Sisanya hanya 40 persen. Dan 35 persennya untuk belanja tidak langsung,” paparnya.

Dari anggaran inilah, sambung Amsakar, berbagai kegiatan pembangunan dilakukan. Selama 3 tahun 11 bulan kepemimpinan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad. Banyak hal yang sudah dikerjakan Pemerintah Kota Batam, diantaranya adalah menata infrastruktur kota.

Mungkin Anda juga menyukai