Marlin Latih Santri Al-Ukhuwah Membatik

Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi

Media Center Batam – Santri di Pondok Pesantren Al-Ukhuwah Kaveling Kamboja Kecamatan Sagulung diajarkan cara membatik. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi yang langsung mencontohkan anak-anak didik pesantren tersebut, Rabu (30/10).

“Saya sengaja turun langsung untuk memberdayakan santri-santri di sini. Supaya punya bekal keterampilan. Dan semangat melestarikan batik terus menyala,” kata Marlin.

Kegiatan seperti ini sudah beberapa kali Dekranasda gelar. Sebelumnya melibatkan ibu rumah tangga. Kemudian mahasiswa-mahasiswa perguruan tinggi di Batam. Dan kini para santri.

“Selain memperkenalkan batik, daya juga ingin mengajarkan kemandirian kepada pesantren. Lewat kewirausahaan,” ujarnya.

Menurut Marlin, potensi pesantren sangat besar. Namun banyak yang belum tergarap maksimal.

“Kita ingin pesantren lebih mandiri sebagaimana yang ulama terdahulu lakukan. Juga menyiapkan generasi santri yang berdikari,” ujar istri Walikota Batam Muhammad Rudi itu.

Marlin mengatakan pesantren ini akan dijadikan sebagai percontohan. Apabila usaha batiknya berjalan lancar, akan dibuat juga di pesantren-pesantren lainnya.

“Doakan berhasil ya. Pegawai kecamatan juga harus mendukung. Beli batiknya nanti di sini saja,” tutur Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai