Tahap Pertama Batam Dapat 50 Ribu Blangko KIA

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Said Khaidar

Media Center Batam – Tahun pertama penerapan Kartu Identitas Anak (KIA), Kota Batam mendapat alokasi 50 ribu keping blangko. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Said Khaidar mengatakan pihaknya mulai mendistribusikan blangko ke kecamatan-kecamatan.

“Ada beberapa kecamatan yang minta. Sudah kami kirimkan blangko berwarna pink tersebut,” kata Said di Sekupang, Selasa (10/9).

Pencetakan KIA, sambungnya, akan dilakukan secara bertahap. Saat ini Disdukcapil dibantu pihak kecamatan sedang mendata anak-anak khususnya yang duduk di bangku taman kanak-kanak (TK).

Sebagian kecamatan sudah selesai mendata anak didik dua TK di wilayah kerjanya masing-masing. Bagi sekolah yang sudah didata, akan segera dicetak KIA bagi anak-anaknya.

“Data keseluruhan sedang kami rekap. Namun kecamatan yang sudah ready (siap) bisa mengajukan blangko dan menerbitkan KIA,” kata dia.

Tahun depan, menurut Said, penerbitan KIA ini akan diperluas untuk anak SD sampai berusia di bawah 17 tahun. Sehingga nantinya semua anak bisa mengantongi KIA.

Camat Sekupang, Muhammad Arman mengatakan ada dua TK yang sudah dimintai data peserta didiknya. Nanti data tersebut akan digunakan untuk mengusulkan blangko KIA kepada Disdukcapil.

“Kemarin sudah selesai dan kami juga telah mengajukan permintaan. Kalau sudah turun kami langsung cetak berdasarkan data yang ada,” sebutnya.

Mungkin Anda juga menyukai