Pawai Taptu Dimulai dari Dataran Engku Hamidah

Ketua Panitia Peringatan HUT RI Kota Batam/Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam Yusfa Hendri

Media Center Batam – Pawai taptu Hari Kemerdekaan RI ke-74 tingkat Kota Batam akan dilaksanakan dari Dataran Engku Hamidah, jalan Raja Haji Fisabilillah, depan Edukits Batam Centre. Hal ini disampaikan Walikota Batam, Muhammad Rudi saat meninjau lokasi, Sabtu (10/8) malam.

“Pawai taptu akan dilaksanakan di sini. Panggung di dataran ini. Drainase sudah saya tutup karena saya mengejar untuk pawai taptu dan karnaval HUT RI ini,” kata Rudi.

Pawai taptu ini pada peringatan HUT RI tahun-tahun sebelumnya dilepas dari depan Hotel Pacific Jodoh. Mulai tahun ini dipindah ke Batam Centre karena kondisi jalan yang sudah diperlebar dan ditata Pemerintah Kota Batam.

“Dataran ini saya gunakan ingin tunjukkan pada siapapun, Batam sudah cantik. Batam kita sempurnakan supaya betul-betul pariwisata berkembang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan HUT RI Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan pawai taptu akan digelar pada Jumat (16/8). Pawai rencananya akan dilepas pada sore jelang malam hari.

Rangkaian berikutnya adalah malam renungan suci yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Bulang Gebang di Batuaji. Pada hari H, Sabtu (17/8), kegiatannya adalah upacara detik-detik proklamasi, penyerahan remisi kepada warga binaan Lapas, dan upacara penurunan bendera.

“Upacara detik-detik proklamasi dan penurunan bendera digelar di Dataran Engku Putri. Biasanya inspektur upacara pagi Walikota, penurunan bendera Wakil Walikota. Tahun ini Walikota Batam, Muhammad Rudi yang akan menjadi inspektur baik di upacara detik-detik proklamasi maupun penurunan bendera,” papar mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam ini.

Keesokan harinya, Minggu (18/8), akan diadakan upacara Hari Pramuka di Dataran Engku Putri. Pada siang harinya digelar pawai budaya dan pawai pembangunan.

Mungkin Anda juga menyukai

DD