Hadirkan Youtuber dan Blogger, Kominfo Gelar Forum Aksi Pendekar Pancasila di Batam

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Kominfo RI, Wiryanto menyaampaikan kata sambutan dalam pembukaan Forum Aksi #Pendekar (Pendidikan Karakter) Pancasila di Hotel Harmoni One Batam, Kamis (1/8).

Media Center Batam – Hasil survei LSI tahun lalu menyatakan penurunan angka publik yang pro-Pancasila. Penurunan terjadi secara signifikan dalam kurun 10-13 tahun terakhir khususnya di 13 provinsi di Indonesia.

Informasi ini disampaikan Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Kominfo RI, Wiryanto dalam pembukaan Forum Aksi #Pendekar (Pendidikan Karakter) Pancasila di Hotel Harmoni One Batam, Kamis (1/8).

“Penurunan secara signifikan ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi berbagai pihak. Khususnya pengambil keputusan. Atas dasar itulah kegiatan ini kita gelar,” kata Wiryanto.

Forum Aksi Pendekar Pancasila ini mengangkat tema Semangat Gotong Royong, Kebhinekaan, Persatuan dan Kesatuan Menuju Indonesia Maju.

Wiryanto melanjutkan kondisi yang tengah dihadapi ini perlu dijawab dengan membumikan kembali Pancasila. Khususnya kepada generasi muda.

“Kita tidak ingin dan jangan sampai nilai-nilai Pancasila itu putus dari akar budayanya. Khususnya generasi muda. Oleh karenanya, kegiatan ini sangat penting,” kata dia.

Sementara itu, Kepada Dinas Kominfo Kota Batam, Salim menyambut baik adanya kegiatan ini. Karena Forum Aksi Pendekar Pancasila dinilai dapat membentuk mental yang kuat dan berkarakter.

“Pancasila sebagai dasar negara jangan jadi mitos saja tapi etos kerja. Pancasila harus diamalkan dan diperjuangkan. Khususnya di Kota Batam yang dikenal sebagai daerah industri dan menjadi incaran dari berbagai pihak,” ucap Salim.

Ia mengatakan penyegaran kembali nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan seperti ini sangat penting. Karena bisa menjdi benteng bagi generasi muda dalam berbangsa dan bernegara.

Selain peserta yang masih muda-muda, pada acara ini pihak penyelenggara juga menghadirkan anak-anak muda berbakat sebagai pemateri. Di antaranya Youtuber Cindy Gulla dan Blogger Mira Sahid.

Mungkin Anda juga menyukai