Bangun Kebersamaan di Hari Lahir Pancasila

Media Center Batam – Peringatan hari kelahiran Pancasila, 1 Juni, harus dimaknai dengan upaya membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Hariono dalam sambutan upacara peringatan hari lahir Pancasila. Seperti yang dibacakan Walikota Batam, Muhammad Rudi selaku inspektur upacara tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Sabtu (1/6).

“Pancasila sebagai ‘leitstars dinamis’, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia,” tuturnya.

Peringatan ini juga sebagai momen mengenang dan merefleksikan momentum sejarah. Pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

“Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional,” kata dia.

Keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “Tamansari Kebudayaan” yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat.

“Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua,” baca Rudi.

Maka diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis.

“Kita Indonesia, Kita Pancasila, adalah sosok yang percaya diri, optimis, dan penuh harapan dalam menatap masa dengan sebagai bangsa yang maju, adil, dan makmur,” sebutnya.

Mungkin Anda juga menyukai