BUMN Siapkan 7.076 Tiket Mudik Gratis Batam-Belawan

Media Center Batam – PT Pelni (Persero) Cabang Batam bekerja sama dengan berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan 7.076 tiket mudik gratis tujuan Batam-Belawan Medan. Program ini merupakan bentuk sinergi antar BUMN di Indonesia.

Tiket ini disediakan oleh PT Asuransi Jasindo sebanyak 300 seat, PT Jiwasraya 960 seat, PT Timah 126 seat, PT Pos Indonesia 570 seat, Jamkrindo 70 seat, PT Pegadaian 200 seat, PT Askrindo 300 seat, PT Jasa Raharja 500 seat, PT Pelindo I 1.474 seat, PT Pelindo II 1.526 seat, dan PT Inalum 1.000 seat.

Kepala Cabang PT Pelni Batam, Sugiyanto mengatakan sebagai penyelenggara pihaknya hanya menyediakan angkutan untuk mudik gratis tersebut. Sementara persyaratan untuk dapat tiket mudik gratis ini tergantung kepada BUMN masing-masing.

“Untuk calon penumpang dan syarat mendapatkan tiket gratis itu masing-masing BUMN yang atur. Kami hanya mengangkut saja nanti,” ujarnya di Sekupang, Selasa (2/4).

Sugiyanto mengatakan mudik gratis ini rencananya akan diberangkatkan pada 30 Mei mendatang. Atau kurang dari sepekan sebelum hari raya Idul Fitri 1440 H.

Terkait teknis keberangkatan, pihaknya masih menunggu petunjuk dari pusat. Keberangkatan peserta mudik gratis ini bisa saja digabung dengan penumpang umum atau dikhususkan jadwalnya.

“Mungkin bisa tiga kali keberangkatan. Jadi sebagian mudik gratis dan sisanya penumpang umum,” kata dia.

Menurut Sugiyanto, total tiket yang disiapkan untuk mudik gratis tahun ini lebih banyak dari lebaran tahun lalu, yakni sekitar 4.000 penumpang. Kepada masyarakat yang berminat untuk ikut mudik gratis, ia berharap agar mencari informasi langsung ke BUMN terkait. Karena dalam hal ini, PT Pelni hanya bertugas sebagai operator kapal yang mengangkut pemudik.

“Kami tidak menerima pendaftaran pesertanya. Mohon dipahami. Nanti pasti ada pemberitahuan dari masing-masing BUMN ini,” tutur Sugiyanto.

Mungkin Anda juga menyukai