Sekda Lantik Dewan Hakim STQ VII Batam

Pelantikan dewan hakim stq vii batam tahun 2019 oleh sekretaris daerah kota batam jefridin. FOTO: (HUMAS PEMKO BATAM)

Media Center Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin melantik 93 anggota Dewan Hakim Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) VII, Dewan Juri Qasidah Rebana dan Bazar Tingkat Kota Batam Tahun 2019. Pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Batam, Sabtu (30/3).

Adapun yang dilantik sebagai Ketua Dewan Hakim adalah Sarbaini. Dan selaku Dewan Pengawas, Effendi Asmawi.


Dalam sambutannya, Jefridin mengatakan STQ ini merupakan bentuk syiar agama dalam mengamalkan Al-Quran di tengah masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin memahami isi yang terkandung di dalam Al-Quran dan diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari.

“Selamat kepada Bapak, Ibu yang baru dilantik. Kami bersama Pak Walikota mengharapkan Bapak, Ibu dapat memberikan penilaian dengan sebaiknya, jujur, dan ikhlas kepada qori dan qoriah. Nilai yang diberikan betul-betul objektif termasuk juri lainnya. Tanpa melihat si A, B, tapi siapa yang terbaik, layak, dan bagus,” pesannya kepada Dewan Hakim yang dilantik.

Kepada panitia STQ ia berpesan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan sebagai bahan evaluasi dapat melihat pengalaman pada pelaksanaan STQ sebelumnya.

Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Riama Manurung melaporkan bahwa STQ akan berlangsung selama lima hari, Senin-Jumat (1-5/4).

“Dari hasil rapat LPTQ disepakati tiga venue, yakni astaqa utama Engku Putri, Masjid Agung, dan di lantai IV Kantor Walikota Batam,” sebut Riama.

Pelaksanaan STQ kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Setiap yang dibaca oleh qori dan qoriah akan ditampilkan di layar LED.

“Semoga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan kami mohon dukungan penuh dari semua pihak demi suksesnya acara STQ Tingkat Kota Batam,” tutupnya.

Adapun tema yang diangkat adalah “Dengan STQ VII Tingkat Kota Batam 2019, Kita Bangun Generasi yang Gemar Membaca dan Memahami Isi Kandungan Al-Quran dalam Mewujudkan Masyarakat Batam yang Madani”.

Cabang lomba pada STQ ini antara lain tilawatil Quran anak-anak dan dewasa putra putri. Kemudian hifzhil Quran golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz putra putri. Selanjutnya cabang tafsir Al-Quran golongan Bahasa Arab putra putri. Serta cabang musabaqah Hadits golongan hafalan 100 hadits dengan sanad dan 500 hadits tanpa sanad, juga untuk putra dan putri.

Peserta STQ tingkat Kota Batam merupakan peserta terbaik hasil seleksi tingkat kecamatan. Masing-masing kecamatan mengirimkan 20 orang peserta. Sehingga total peserta STQ VII Kota Batam tahun 2019 berjumlah 240 orang.

Pada malam pembukaan STQ akan menghadirkan penyanyi Natta Reza, penyanyi, selebgram, yang berhijrah. Natta Reza akan hadir bersama istrinya, Wardah Maulina. Selanjutnya juga akan ada suguhan tari kolosal tentang sejarah Nong Isa. Kemudian penampilan Bahana Barelang Drum Corps (BBDC) yang akan membawakan tiga lagu, Mars MTQ, Atouna El Toufoule, dan Barakallahu.

Mungkin Anda juga menyukai