Marlin Agustina Pimpin Organisasi Masyarakat Karimun di Batam

Marlin Agustina Rudi dikukuhkan sebagai Ketua Keluarga Besar Masyarakat Kabupaten Karimun Batam, Barisan Keamanan Daerah (Kerabat-Barkad) masa Bakti 2019-2023. Ia menjadi perempuan pertama yang menjabat ketua umum pada organisasi sosial tersebut.

Media Center Batam – Marlin Agustina Rudi dikukuhkan sebagai Ketua Keluarga Besar Masyarakat Kabupaten Karimun Batam, Barisan Keamanan Daerah (Kerabat-Barkad) masa Bakti 2019-2023. Ia menjadi perempuan pertama yang menjabat ketua umum pada organisasi sosial tersebut. Organisasi ini bertujuan sebagai wadah berkumpul masyarakat Karimun yang ada di Kota Batam dan ingin berkontribusi dalam pembangunan Kota Batam.

Secara resmi istri Walikota Batam, Muhammad Rudi ini dilantik oleh Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun di Golden Prawn Bengkong, Sabtu (30/3). Bersamaan dengan pengukuhannya sebagai Ketua Umum Kerabat-Barkat juga dilantik Ketua Barkad Kota Batam, Muhratman Ujank.

Ketua Panitia, Raja Azmansyah melaporkan terpilihnya Marlin sebagai ketua berdasarkan hasil musyawarah ke-3 Kerabat-Barkad di Hotel PIH Batam Centre pada 10 November 2018 lalu. “Marlin Agustina Rudi terpilih secara aklamasi yang diputuskan oleh Dewan Pimpinan Karabat-Barkad,” ujarnya.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengharapkan organisasi ini dapat memberikan kontribusi besar dalam pembangunan Kota Batam dan Provinsi Kepri. Perkembangan pesat yang telah dilakukan Kota Batam hendaknya dapat ditiru oleh daerah-daerah lainnya dengan mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Saya yakin dan percaya jumlah yang cukup besar ini yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh politik, tokoh pengusaha dapat berkontribusi membangun Kepri. Saya bangga karena masyarakat dari Karimun ikut serta dalam pembangunan Kepri,” harap Nurdin.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengingatkan bahwa adanya transparansi dalam organisasi sangat diperlukan sehingga ke depannya organisasi dapat bertahan. Selain itu kekompakan dan silahturahmi juga harus dijaga. Pembangunan dan keamanan Kota Batam bukan tanggung jawab pemerintah tetapi merupakan tanggung jawab bersama.

“Demokrasi di dalam organisasi harus diterapkan sehingga ke depannya tidak berbenturan dengan kepentingan-kepentingan pribadi,” kata Rudi.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq sangat mengapreasi dilantiknya Ketua Kerabat-Barkad Kota Batam. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Kota Batam yang berasal dari Kabupaten Karimun kompak.

Harapannya, organisasi ini dapat membawa masyarakat Karimun untuk pulang memajukan Karimun. Bagi yang menetap di Kota Batam ia harapkan untuk tidak melupakan tanah kelahirannya.

Ia juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan Walikota Batam dalam membangun Batam patut dicontoh. Sehingga ke depannya kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kepri, khsususnya Karimun dapat berkembang seperti Kota Batam.

“Saya menitipkan masyarakat Karimun yang ada di Kota Batam untuk dapat membantu sesama dan pemerintah, untuk dapat turut serta dalam pembangunan Kota Batam,” pesannya.

Marlin Agustina Rudi mengaku terkejut saat diminta langsung oleh masyarakat Karimun di Kota Batam untuk menjadi Ketua Kerabat-Barkad Kota Batam. Menurutnya jabatan ini belum pantas beliau emban karena masih banyak tokoh-tokoh Karimun yang lebih pantas. Namun beliau siap mengemban tugas ini dengan dibantu dan didukung oleh para pengurus dan anggota.

“Sebenarnya saya berat untuk mengemban jabatan ini tetapi karena saya diminta saya akan berusaha dan semaksimal mungkin. Saya akan bersinergi dengan para pengurus lainnya agar Kerabat-Barkad Kota Batam dapat menjadi mitra pemerintah dalam perkembangan Kota Batam,” janji Marlin.

Mungkin Anda juga menyukai