Semakin Banyak SMPN Ikut UNBK Tahun Ini

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan

Media Center Batam – Jumlah  Sekolah  Menengah  Pertama Negeri  (SMPN)  yang ikut Ujian Nasional Berbasis  Komputer  (UNBK)  di Kota  Batam tahun ini bertambah. Tahun lalu UNBK hanya diikuti delapan SMPN. Sedangkan  tahun  ini  jumlahnya  menjadi  26 sekolah.

“Tahun ini jumlah yang UNBK jauh bertambah. Ada 18 sekolah yang akan ikut UNBK untuk pertama kalinya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan di Batam Centre, Rabu (9/1).

Saat ini ada 56 SMP Negeri di Kota Batam yang melaksanakan ujian nasional. Artinya sudah setengah dari total SMPN di Batam yang melaksanakan UNBK di tahun ajaran 2018/2019.

Batam belum bisa sepenuhnya laksanakan UNBK karena keterbatasan sarana dan prasarana pendukung, seperti komputer. Belum semua sekolah memiliki jumlah komputer yang cukup untuk melaksanakan UNBK.

“Sekolah minimal harus punya komputer sepertiga dari total siswa yang akan ujian. Kalau bisa memenuhi, langsung bisa UNBK. Ujian bisa digelar beberapa shift jika komputer kurang,” terang Hendri.

Terkait jadwal, sampai saat ini Dinas Pendidikan Batam masih menunggu informasi dari pusat. Apakah akan dilaksanakan di akhir 2018 atau seperti biasa.

“Belum tahu apakah dimajukan atau seperti apa. Sebab kan dekat puasa dan lebaran. Karena SMP duluan setelah itu baru diikuti USBN SD,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *