189 Burung Merpati Dilepas di Peresmian KR Batam

Media Center Batam – Sebanyak 189 ekor burung merpati akan dilepaskan di Kebun Raya Batam saat peresmian, Sabtu (22/12). Peresmian KR Batam ini dirangkaikan dalam perayaan Hari Jadi Kota Batam ke-189, 18 Desember lalu.

“Yang meresmikan besok, Pak Walikota Batam Muhammad Rudi, dengan disaksikan oleh perwakilan Kementerian PUPR dan LIPI,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertamanan (Disperkimtan), Eryudhi Apriadi melalui sambungan telepon, Jumat (21/12).

Peresmian KR Batam ini ditandai dengan penanaman pohon Nibung. Pohon bernama latin Oncosperma tigillarium tersebut dipilih menjadi ikon KR Batam, di samping Kantung Semar.

Nibung dipilih sebagai ikon karena merupakan tanaman khas pesisir. Tanaman dari jenis palma ini erat kaitannya dengan kegiatan masyarakat melayu sehari-hari.

Selain penanaman pohon dan pelepasan burung merpati, pengunjung peresmian KR Batam juga akan dihibur penampilan artis Isye KDI serta pertunjukan sulap. Peserta peresmian KR Batam diperkirakan mencapai 3.000 orang. Dan akan dihadiri wisatawan mancanegara juga.

“Kami bekerjasama dengan resor-resor yang ada di wilayah Nongsa,” kata dia.

Kebun Raya Batam saat ini sudah memiliki 2.500 koleksi tanaman dengan ribuan bibit. Selain Nibung, ada Ketapang Kencana, Pohon Beringin, Trembesi, dan sebagainya.

“Peresmian ini sebagai ajang perkenalan. Maka kami undang masyarakat untuk datang beramai-ramai besok,” tutur Eryudhi.

Mungkin Anda juga menyukai